Connect with us

ZONA DAERAH

Disusun selama 17 tahun, Alkitab Bahasa Tombulu resmi diluncurkan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Alkitab Perjanjian Baru berbahasa Tombulu, akhirnya resmi diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

Bahkan, Alkitab Bahasa Tombulu hasil kerjasama LAI dengan Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM) dan Wycliffe Bible Translators Inc, sebuah lembaga donor internasional berkedudukan di Orlando, Amerika Serikat ini pun resmi diluncurkan, Kamis (29/11/2018).

Diketahui, penyusunan Alkitab berbahasa Tombulu ini memakan waktu 17 tahun.

Peluncuran tersebut dilaksanakan dalam ibadah yang dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Hein Arina MTh, di Aula Anugerah Hall Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman selaku Ketua Panitia mengatakan, dengan diluncurkannya Alkitab Perjanjian Baru dalam Bahasa Tombulu ini, semakin memperkaya budaya masyarakat lokal. Di samping itu, GMIM dan Kota Tomohon akan menjadi pelaku sejarah.

“Hari ini, akan tercatat dalam sejarah, bahwa Alkitab Perjanjian Baru dalam Bahasa Tombulu telah ada. Dan kita semua akan pula disebut sebagai pelaku-pelaku sejarah,” ujar Eman.

Menurut Eman, proses penerbitan Alkitab berbahasa Tombulu itu memerlukan waktu 17 tahun, serta melibatkan berbagai pihak, termasuk penerjemah dan konsultan dari luar negeri.

Acara yang berlangsung sederhana namun sarat makna itu, diisi dengan pementasan seni, tarian budaya serta diwarnai dengan prosesi penyerahan Alkitab oleh Walikota Eman kepada seluruh pendeta dan lanjut usia yang hadir.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua DPRD Kota Tomohon Miky J L Wenur, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Pdt Simon Rawis, Direktur The Seed Company Mr Greg Gammon, Direktur Lembaga Alkitab Indonesia perwakilan Manado Ansye Titaheluw, Wycliffe Global Alliance USA Douglas Peek, Pimpinan Pusat Penerjemah Alkitab Ayu Suwandi, para pendeta dan pelayan khusus, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Wali Kota Eman resmikan lokasi wisata baru Lokon View

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comKota Tomohon kaya akan potensi pariwisata. Satu per satu lokasi wisata bermunculan dan menjual potensi wisata alam di Kota Sejuk ini.

Teranyar, lokasi wisata baru yang hadir di Kota Bunga ini, yakni Lokon View Lounge dan Swimming Pool, yang terletak di Kelurahan Woloan Satu, Kecamatan Tomohon Barat.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman pun meresmikan tempat wisata yang menjual pemandangan alam dengan latar utama Gunung Lokon ini, Sabtu (22/6/2019).

Dalam sambutannya, Eman mengatakan,
pemerintah daerah Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu leading sektor pembangunan.

Sekaligus, kata Eman, sebagai tindaklanjut kebijakan Pemerintah Pusat yang telah menetapkan Sulut sebagai salah satu daerah destinasi unggulan pariwisata di Indonesia.

“Kehadiran Lokon View merupakan kontribusi yang sangat bermakna dari pihak owners yang ikut menopang pengembangan pariwisata Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon,” ungkap Eman.

Selain itu, lanjut Eman, Lokon View juga akan memperkuat perekonomian di Kota Tomohon tercinta ini.

Eman pun mengajak segenap pihak terkait untuk terus bersama pemerintah berupaya memperkuat sektor kepariwisataan Kota Tomohon, melalui peningkatan sinergitas kerja antarlini dan antarpemangku kepentingan.

Sehingga, mampu mewujudkan impian dan harapannya menjadi salah satu destinasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dan kompetitif.

“Atas nama Pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat dan sukses atas Soft Opening Lokon View Lounge And Swimming Pool,” pungkasnya.

Soft Opening tersebut pun diawali dengan Khadim Pdt Conny Motto, S.Th.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan selaku pemilik Lokon View, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo bersama istri, Asisten I ODS Mandagi, Plt Asisten III Lily Solang, Kadis Pariwisata Masna J.M Pioh dan sejumlah pejabat Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com