bar-merah

Jalur Tomohon-Manado rawan longsor dan pohon tumbang, warga diminta waspada

zonautara.com
(Ilustrasi) Longsor di ruas jalan Tomohon-Manado awal Desember lalu. (Foto: istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Peristiwa tanah longsor dan pohon tumbang kembali terjadi di jalan Tomohon-Manado, tepatnya di Kelurahan Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, sekitar pukul 16.00 Wita, Minggu (2/12/2018).

Di mana, longsoran tanah yang mengakibatkan tumbangnya sebuah pohon enau sempat melumpuhkan akses vital yang menghubungkan Kota Tomohon dan Manado itu.

Tanah longsor dan pohon tumbang itu terjadi saat Kota Tomohon dilanda cuaca ekstrem, yakni hujan deras sejak siang hingga sore hari.

Akibat tanah longsor dan pohon tumbang yang menutupi seluruh badan jalan tersebut, kemacetan panjang sempat terjadi baik dari arah Tomohon maupun dari Manado.

Personel Kepolisian Resor (Polres) Tomohon bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tomohon, unsur TNI bersama masyarakat langsung melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang tersebut.

Sebanya satu alat berat bersama alat potong milik BPBD Tomohon dikerahkan dalam evakuasi dan pembersihan pohon tersebut.

Kapolres Tomohon AKBP Raswin Sirait melalui Kapolsek Tomohon Utara Iptu Yulianus Samberi mengatakan, bahwa sekira setengah jam, ruas jalan tersebut tidak dapat dilalui.

“Namun, pada jam 16.30 Wita, jalan sudah dapat dilalui,” ujarnya.

Dia pun mengimbau, masyarakat agar tetap berhati-hati saat melalui jalur-jalur yang rawan terjadi tanah longsor dan pohon tumbang salah satunya jalur Tomohon-Manado.

“Tetap waspada, apalagi di saat cuaca ekstrem yang melanda seperti saat ini,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com