Connect with us

Zona Tomohon

FGD penyusunan rencana tenaga kerja

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Masih tingginya angka pengangguran, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mencari solusi untuk menurunkannya. Salah satunya dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema “Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Kota Tomohon”.

FGB yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Tomohon ini dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Asisten Perekonomian Max Mentu, Senin(10/12/2018).

“Hingga saat ini, masalah ketenagakerjaan masih kompleks, seperti masih tingginya angka pengangguran,” ujar Mentu.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Tomohon hingga akhir 2017 tercatat sebesar 8.94 persen. Ini membuat Pemkot Tomohon mencari solusi menekan angka pengangguran tersebut.

“Provinsi, kabupaten dan kota diamanatkan oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk menyusun perencanaan tenaga kerja yang dapat memuat perkiraan persediaan tenaga kerja, perkiraan kebutuhan tenaga kerja, keseimbangan tenaga kerja dengan berbagai karakteristik, dan kebijakan yang perlu diambil untuk mencapai tujuan perencanaan meliputi kebijakan umum, kebijakan sektoral, kebijakan pengendalian angkatan kerja, kebijakan pelatihan, kebijakan penempatan tenaga kerja dan kebijakan perlindungan,” tandas Mentu.

Sementara, Kadis Tenaga Kerja Kota Tomohon Jeane A Bolang dalam mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi ketenagakerjaan yang dapat digunakan sebagai bahan perumusan kebijakan, strategi dan program pembangunan ketenagakerjaan.

Sebagai narasumber, Kabid Perencanaan Tenaga Kerja Makro Kementerian Tenaga Kerja M Cahyomadi. Turut hadir Kepala BPS Tomohon Hirsfelt Manulang dan para pejabat Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Masyarakat diajak menghemat dan jaga sumber air

Jajaran PDAM diajak meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Masyarakat bersama instansi-instansi terkait diminta untuk menjaga ekosistem lingkungan hidup, termasuk sumber-sumber air.

Terutama, di musim kemarau yang saat ini masih melanda berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Kota Tomohon.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang, pada kegiatan Workshop Fasilitasi Peningkatan Kinerja PDAM Kota Tomohon yang bekerja sama dengan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian PUPR RI, yang digelar di Grand Master Resort Tomohon, Selasa (17/09/2019).

“Unsur terkait bersama seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup. Di dalamnya sumber-sumber air,” ujar Lolowang.

Selain itu, Lolowang mengimbau masyarakat untuk menghemat pengunaan air.

Dia pun mengajak jajaran PDAM untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

“Demikian juga meningkatkan manajemen pengelolaan perusahaan, serta yang penting juga dalam hal membangun integritas,” pungkas Lolowang.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Teknis BPPSPAM Kementerian PUPR Desrah Sibarani.

Turut hadir Asisten Perekonomian Djoike Karouw, Kadis Lingkungan Hidup Novi Politon, Direktur PDAM Kota Tomohon Semuel M Gosal, Konsultan Dadang Heru, unsur Balai Wilayah Sungai Sulawesi Satu Janeny Mamoto, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Reynaldo Poli, serta unsur terkait lainnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com