Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

FGD penyusunan rencana tenaga kerja

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Masih tingginya angka pengangguran, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mencari solusi untuk menurunkannya. Salah satunya dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema “Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Kota Tomohon”.

FGB yang dilaksanakan di Kantor Wali Kota Tomohon ini dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Asisten Perekonomian Max Mentu, Senin(10/12/2018).

“Hingga saat ini, masalah ketenagakerjaan masih kompleks, seperti masih tingginya angka pengangguran,” ujar Mentu.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Tomohon hingga akhir 2017 tercatat sebesar 8.94 persen. Ini membuat Pemkot Tomohon mencari solusi menekan angka pengangguran tersebut.

“Provinsi, kabupaten dan kota diamanatkan oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk menyusun perencanaan tenaga kerja yang dapat memuat perkiraan persediaan tenaga kerja, perkiraan kebutuhan tenaga kerja, keseimbangan tenaga kerja dengan berbagai karakteristik, dan kebijakan yang perlu diambil untuk mencapai tujuan perencanaan meliputi kebijakan umum, kebijakan sektoral, kebijakan pengendalian angkatan kerja, kebijakan pelatihan, kebijakan penempatan tenaga kerja dan kebijakan perlindungan,” tandas Mentu.

Sementara, Kadis Tenaga Kerja Kota Tomohon Jeane A Bolang dalam mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi ketenagakerjaan yang dapat digunakan sebagai bahan perumusan kebijakan, strategi dan program pembangunan ketenagakerjaan.

Sebagai narasumber, Kabid Perencanaan Tenaga Kerja Makro Kementerian Tenaga Kerja M Cahyomadi. Turut hadir Kepala BPS Tomohon Hirsfelt Manulang dan para pejabat Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Soal Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, ini kata Eman

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggelar Sosialisasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Kamis (24/5/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman membuka langsung kegiatan yang digelar di Wise Hotel Tomohon tersebut.

Eman dalam sambutannya mengatakan, Kota Tomohon dalam waktu dekat segera memiliki jaringan internet pendukung.

Menurut dia, jaringan internet pendukung yang bekerja sama dengan provider lainnya tersebut dipersiapkan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh Kota Tomohon.

Hal itu pun, kata Eman, patut oleh Kota Tomohon. Eman berharap, ke depan di Tomohon tidak ada lagi wilayah yang masuk dalam Blank Spot.

Eman menjelaskan, jaringan internet merupakan kunci dalam menggunakan SPBE.

“Dengan penerapan e-government, maka pemerintah harus mengumpulkan data-data dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan menggunakan internet. Jadi, jaringan internet menjadi salah satu hal penting di zaman milenial ini,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Tomohon Jusak Toar Pandeirot dalam laporannya menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara pemerintahan tentang SPBE.

“Serta, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta kualitas layanan publik,” pungkasnya.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Ketua Relawan TIK Tomohon Quido Kainde.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending