bar-merah

Debu Soputan kini menyebar ke segala arah

MANADO, ZONAUTARA.com – Abu vulkanik erupsi gunung api Soputan kini menyebar ke segala arah.

Gunung di Minahasa Tenggara ini meletus sejak pukul 03.00 WITA pada Minggu (26/12/2018).

Awalnya arah abu vulkanik mengarah ke tenggara selatan barat daya, namun pada siang hari abu telah menyebar ke segala arah.

Dari amatan zonautara.com di Pos Pengamatan Gunung Api Soputan di desa Silian 3, Kecamatan Silian, Minahasa Tenggara, kolom abu masih teramati cukup tinggi.

Pertama kali kolom abu teramati kurang lebih 3000 meter diatas puncak atau 4809 meter diatas permukaan laut (MDPL). erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi selama 5 menit 51 detik .

Kemudian pada pukul 04.04 WITA terjadi erupsi susulan dengan tinggi abu yang teramati 6809 MDPL, dengan durasi selama 4 menit 57 detik, dilanjutkan pada pukul 05.40 WITA terjadi kembali erupsi dengan tinggi abu 8809 MDPL yang terekam oleh seismograf dengan durasi 6 menit 10 detik.

Dan yang terakhir pada pukul 08.57 WITA terjadi erupsi yang paling besar dengan tinggi kolom yang teramati 9309 MDPL dengan amlpitudo yang terekam maksimum 40 mm dan durasi 30 menit.

“Kami menghimbau warga untuk tidak dulu beraktifitas dalam radius yang dilarang,” ujar petugas Pos Pengamatan Sandy Manengkey.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com