Connect with us
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA TERKINI

Aksi Kabasaran cilik di panggung GSMS Kota Manado

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Sumringah wajah Eiffel Kumenit (10) sesaat setelah turun panggung. Ekspresinya menyiratkan kebahagiaan karena baru saja berhasil menuntaskan tugas. Teriakan i yayat u santi yang dipimpinnya dan disambut riuh belasan penari cilik lainnya mengundang tepuk tangan yang antusias penonton.

Eiffel bertindak sebagai sarian atau yang memimpin tarian tim Kabasaran SD GMIM 31 Zaitun Manado. Mereka tampil dalam pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2018 yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (17/12/2018).

Ia hanya mengangguk malu ketika ditanya apakah nantinya tetap menari Kabasaran lagi atau tidak.

Yohanis Pantouw, pelatih Kabasaran SD GMIM 31 Zaitun Manado, ikut tersenyum lega melihat anak-anak binaannya sukses tampil di panggung.

Dijelaskannya, tari Kabasaran adalah kesenian rakyat Minahasa yg terdapat di desa-desa besar atau negeri yang muncul pada pada acara-acara pesta perayaan dalam busana asli memakai pedang perisai dan tombak.

“Sebagai tarian nasional asal Minahasa, busananya memakai kain sarung tenun selendang dan kain patola atau kain tenun. Sekarang dikembangkan dengan memakai kostum dari kulit kayu,” ujar sosok yang akrab dengan nama Sonny ini.

Dalam program GSMS 2018 Kota Manado, Sonny didampingi Yeni Bojo selaku asisten seniman.

Editor: Rahadih Gedoan

Advertisement Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hukum dan Kriminal

Pilot ini ditangkap polisi karena sebarkan ujaran kebencian jelang 22 Mei

Polisi menangkapnya di Surabaya, karena memposting ujaran kebencian di Facebook-nya.

Published

on

IR, Pilot penerbangan swasta yang sebarkan ujaran kebencian melalui Facebook nya(Dokumentasi Polres Jakarta Barat) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebarkan Ujaran Kebencian dan Hasutan, Seorang Pilot Ditangkap Polisi ", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/05/20/05171911/sebarkan-ujaran-kebencian-dan-hasutan-seorang-pilot-ditangkap-polisi. Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari Editor : Kurnia Sari Aziza

ZONAUTARA.com – Polisi menangkap seorang pilot dari salah satu maskapai penerbangan swasta, karena menyebarkan ujaran kebencian melalui akun media sosialnya.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu mengakui penangkapan itu, sebagaimana diberitakan Kompas.com.

Pilot berinisial IR tersebut ditangkap di Surabaya, Jawa Timur pada sabtu (18/5/2019).

“Benar, kami telah menangkap seorang pilot yang menyebarkan ujaran kebencian di media sosial dan melanggar UU ITE,” kata Edy melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (19/5/2019) malam.

IR dalam unggahannya menyebarkan konten ujaran kebencian serta narasi yang mengandung teror, hasutan dan menimbulkan ketakutan.

Salah satu pesan yang disebarkan IR adalah menghasut warga melakukan perlawanan pada 22 Mei 2019, saat pengumuman resmi hasil rekapitulasi pemilu oleh KPU RI.

“Catat…. Siapapun yang dimenangkan oleh KPU 22 Mei 2019 yang akan datang…. Benturan dan kerusuhan tetap akan terjadi dan yakinlah bahwa korban tidak akan sedikit….” tulis IR dalam akun Facebook-nya.

Selain itu, IR juga telah menyebar berita hoaks, salah satunya berjudul, “Polri Siap Tembak di Tempat Perusuh NKRI”.

“Saat ini masih kami dalami motif pelaku menyebarkan ujaran kebencian atau hate speech di medsos tersebut,” ujar Edy.

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading
Advertisement
Advertisement Hosting Unlimited Indonesia

Trending