Connect with us

ZONA TERKINI

Aksi Kabasaran cilik di panggung GSMS Kota Manado

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Sumringah wajah Eiffel Kumenit (10) sesaat setelah turun panggung. Ekspresinya menyiratkan kebahagiaan karena baru saja berhasil menuntaskan tugas. Teriakan i yayat u santi yang dipimpinnya dan disambut riuh belasan penari cilik lainnya mengundang tepuk tangan yang antusias penonton.

Eiffel bertindak sebagai sarian atau yang memimpin tarian tim Kabasaran SD GMIM 31 Zaitun Manado. Mereka tampil dalam pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2018 yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (17/12/2018).

Ia hanya mengangguk malu ketika ditanya apakah nantinya tetap menari Kabasaran lagi atau tidak.

Yohanis Pantouw, pelatih Kabasaran SD GMIM 31 Zaitun Manado, ikut tersenyum lega melihat anak-anak binaannya sukses tampil di panggung.

Dijelaskannya, tari Kabasaran adalah kesenian rakyat Minahasa yg terdapat di desa-desa besar atau negeri yang muncul pada pada acara-acara pesta perayaan dalam busana asli memakai pedang perisai dan tombak.

“Sebagai tarian nasional asal Minahasa, busananya memakai kain sarung tenun selendang dan kain patola atau kain tenun. Sekarang dikembangkan dengan memakai kostum dari kulit kayu,” ujar sosok yang akrab dengan nama Sonny ini.

Dalam program GSMS 2018 Kota Manado, Sonny didampingi Yeni Bojo selaku asisten seniman.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA TERKINI

9 kasus baru corona di Sulut ada yang berasal dari Sangihe dan Mitra

Total kasus positif di Sulut menjadi 306 kasus.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut Steaven Dandel. (Image: zonautara.com/Ronny Buol)

MANADO, ZONAUTARA.COM – Satgas Covid-19 Sulawesi Utara kembali menggelar jumpa pers guna mengumumkan perkembangan epidemiologi covid-19, Jumat (29/5/2020).

Pada jumpa pers tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel membenarkan ada penambahan 9 kasus baru positif corona.

“Jadi total kasus positif covid-19 di Sulut hingga hari ini sudah sebanyak 306 kasus,” kata Dandel.

Adapun 9 kasus baru positif corona yang diumumkan hari ini berasal dari Sangihe, Minahasa, Manado, Minahasa Tenggara dan Tomohon.

Kota Manado kini menjadi daerah terbanyak kasus positif corona di Sulut. Selain Manado, daerah lain yang juga terdapat banyak kasus positif adalah Tomohon, Minahasa dan Minahasa Utara.

“Hari ini ODP tercatat ada 147 dan PDP ada sebanyak 166,” ujar Dandel.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com