bar-merah

Soputan status Awas, Lokon dan Karangetang status Waspada

keanekaragaman hayati
Bentang alam di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

MANADO, ZONAUTARA.com – Tiga gunung berapi di Sulawesi Utara dalam status diatas normal, sebagaimana dikutip dari website vsi.esdm.go.id.

Ketiga gunung itu adalah Gunung Api Soputan di Minahasa Tenggara, Gunung Api Lokon di Tomohon dan Gunung Api Karangetang di Sitaro.

Soputan yang baru saja erupsi pada pekan lalu hingga saat ini masih berstatus Siaga. Sementara Lokon dan Karangetang dalam status waspada.

Karangetang yang berada di pulau Siau, dari laporan beberapa warga terus menunjukkan aktifitas vulkanis. Gunung yang menjadi ikon pulau Siau ini terlihat mengeluarkan awan tebal dari kawahnya.

Sementara Soputan yang erupsi pada 16 Desember lalu, melontarkan kolom abu hingga lebih dari 7500 meter.

Sebanyak enam kecamatan di Minahasa Tenggara terdampak hujan debu vulkanik. Beruntung aktifitas vulkanik Soputan segera mereda.

Di Tomohon, walau Lokon tidak teramati adanya erupsi, namun status gunung ini tetap dalam Level II Waspada.

Warga yang tinggal berdekatan dengan kawah ketiga gunung ini, sebaiknya berhati-hati dan membatasi diri untuk tidak beraktifitas dalam radius yang dilarang.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com