Connect with us

ZONA DAERAH

Budidaya bawang merah dukung kedaulatan pangan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terus berupaya mendukung program Pemerintah Pusat dalam hal kedaulatan pangan. Salah satunya melalui upaya budidaya komoditas bawang merah.

Di mana, komoditas bawang merah varietas Lansuna pun telah dipanen di Kota Tomohon, Selasa (8/1/2019).

Panen perdana bawang merah tersebut dilakukan Wali Kota yang diwakili Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan, di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Tomohon Utara.

Syerly saat membacakan sambutan wali kota mengatakan, penelitian dan pengembangan teknologi budidaya komoditas bawang merah tersebut merupakan salah satu program yang mendukung kedaulatan pangan.

Menurut dia, komoditas tersebut merupakan komoditas strategis yang memiliki nilai ekonomi tinggi, serta tidak dapat disubtitusi dengan komoditas lain. 

Dia berharap, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian dapat membantu dalam pendampingan teknologi bagi petani. 
Sehingga, kata dia, para petani mampu menerapkannya dalam setiap usaha tani untuk kesejahteraan.

“Kegiatan ini untuk mendukung target Pemerintah Republik Indonesia dalam kemandirian ekonomi nasional. Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya menyukseskan program kegiatan yang mendukung kedaulatan pangan, seperti melalui budidaya bawang merah. Kedaulatan pangan telah menjadi isu global, penting sejak dasawarsa 90-an,” katanya.

Dia menambahkan, kedaulatan pangan memotivasi pihaknya untuk secara proaktif dan partisipatif selalu mendukung program ketahanan pangan dengan kebijakan lokal spesifik, yang berbasis sumber daya alam dan kearifan lokal.

“Panen perdana pada hari ini adalah hasil kerja keras para petani melalui bimbingan para penyuluh pertanian. Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak terkait yang mendukung budidaya bawang merah ini, mulai dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara, para petani dengan kelompoknya masing-masing, para penyuluh serta institusi terkait dalam pengembangan teknologi pertanian ini.

Syerly pun berharap, panen perdana bawang merah ini akan memotivasi para penyuluh, sehingga dapat terus berkontribusi bagi peningkatan produksi dan pendapatan para petani di Tomohon, sekaligus berperan terhadap perekonomian nasional.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara Yusuf, Kepala Dinas Pangan Kota Tomohon, Kepala Dinas Pertanian Kota Tomohon, para penyuluh pertanian dan kelompok-kelompok tani.

Editor : Christo Senduk




Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Basarnas Manado gelar upacara HUT ke-74 RI

Published

on

Upacara bendera di kantor SAR Manado. (Foto: Humas SAR Manado)

MINUT, ZONAUTARA.comPeringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) digelar berbagai pihak dengan Upacara Bendera, Sabtu (17/8/2019).

Salah satunya Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado atau Basarnas di halaman kantor SAR Manado, Kaasar, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado Gede Darmada memimpin langsung upacara yang dihadiri seluruh pegawai kantor SAR Manado bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP).

Dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito.

Dia mengatakan, seluruh aparatur untuk mempertahankan kinerja yang profesional, melaksanakan respon time yang telah ditetapkan, maksimalkan publikasi dan pembinaan terhadap organisasi-organisasi potensi SAR, seperti para relawan, pencinta alam, organisasi mahasiswa dan organisasi masyarakat lainnya, dengan tetap bersinergi terhadap stake holder terkait.

“Terus bekerja, menuju Basarnas unggul, menuju Indonesia unggul,” ujarnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan kegiatan keakraban berupa lomba-lomba yang telah diselenggarakan sejak beberapa hari yang lalu.

DWP dan anak-anak juga turut memeriahkan dengan ikut serta dalam perlombaan, seperti balap karung, balap kelereng, merias dengan mata tertutup, makan kerupuk dan aneka lomba lainnya.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com