Connect with us

ZONA DAERAH

Jalan sehat dan doa syukur buka rangkaian hari jadi ke-16 Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kegiatan dalam rangka hari jadi ke-16 Kota Tomohon resmi dimulai, Jumat (11/1/2019).

Jalan sehat dan doa syukur pun menjadi acara pembuka dari berbagi rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan hingga acara puncak hari jadi 27 Januari mendatang.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman didampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly A Sompotan membuka langsung rangkaian kegiatan tersebut.

Jalan sehat yang turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang bersama jajaran Pemkot Tomohon, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Iko Sujatmiko, Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf. Slamet Raharjo dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Pdt. Simon Rawis ini pun dimulai dari Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran dan finish di Kompleks Menara Alfa Omega.

Di lokasi yang merupakan ikon baru di Kota Tomohon itu pun dilaksanakan doa syukur yang dipimpin Ketua Badan Musyawara Antar Gereja (Bamag) Kota Tomohon Pdt. Janury Lumingkewas.

Ketua Panitia Hari Jadi Kota Tomohon ke- 16 Corry Caroles yang merupakan Asisten Bidang Umum dalam laporanya mengatakan, ada berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam memperingati hari jadi Kota Tomohon ini.

Sementara itu, Wali Kota Eman dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh elemen di Kota Tomohon dalam menyambut hari jadi Kota Tomohon ke- 16.

“Jadikan momentum hari jadi ke-16 Kota Tomohon sebagai refleksi sekaligus pernyataan komitmen untuk terus merapatkan barisan, mempererat persaudaraan, menyatukan potensi dan kekuatan lintas profesi, daerah dan lintas masyarakat,” ungkapnya.

Eman berharap, semua pihak dapat optimis dalam merubah tantangan dan rintangan menjadi peluang untuk menggapai cita-cita dengan kerja keras, perjuangan dan pengorbanan.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Bekraf kembangkan ekonomi kreatif di Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kota Tomohon menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang dipilih oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk menyelenggarakan program Inovasi dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) tahun 2019.

Program yang bakal dilaksanakan di lima kabupaten/kota di Indonesia, yakni Tomohon, Aceh Utara, Pangkal Pinang, Lombok Timur dan Kupang ini bentuk komitmen pemerintah terhadap perkembangan ekonomi kreatif daerah.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat mengikuti presentasi dari tim Bekraf yang dilaksanakan di Wise Hotel beberapa waktu lalu pun mengapresiasi Bekraf yang telah memilih Kota Tomohon sebagai lokasi pelaksanaan program tersebut.

“Kami berterima kasih atas dipilihnya Tomohon menjadi satu-satunya kota di Provinsi Sulawesi Utara yang mendapat kehormatan sebagai tempat penyelenggaraan program Inovatif dan kreatif melalui Kolaborasi Nusantara in,” ujar Eman.

Menurut Eman, melalui program tersebut, diharapkan akan semakin mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Tomohon.

Sebelumnya, Kepala Bekraf Triawan Munaf di Jakarta menjelaskan, lima daerah tempat pelaksanaan IKKON 2019 tersebut telah melalui proses seleksi sebelum akhirnya dipilih.

“Kelima daerah tersebut terpilih setelah melalui proses pemilihan daerah yang diselenggarakan tahun 2018. Kami berharap, program IKKON ini dapat membantu daerah untuk memaksimalkan potensi kreatifnya, agar dapat memberikan dampak ekonomi secara nyata bagi perekonomian daerah,” ujarnya.

IKKON ini pun, kata dia, merupakan program yang mengusung konsep live in designer dengan mengedepankan kolaborasi antara profesional di bidang kreatif dengan pengrajin lokal dan pemangku kepentingan di daerah.

Sejak 2016, Bekraf melalui IKKON telah mendukung pengembangan ekraf daerah di 15 kota/kabupaten dengan mengembangkan produk yang sudah ada maupun menciptakan produk kreatif baru.

“Melalui kolaborasi ini, diharapkan akan muncul produk–produk kreatif baru yang dapat menjadi ikon dari masing-masing daerah,” ujar Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf Poppy Savitri.

IKKON 2019 akan mulai dilaksanakan akhir Juli dan ditutup dengan pameran produk IKKON  yang akan diadakan November mendatang. Selain bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pengrajin dan memperkuat ekosistem ekraf nasional, Bekraf juga berharap IKKON dapat menjadi kajian pembuatan program dan peraturan atau peta jalan ekonomi kreatif di daerah.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com