Connect with us

ZONA DAERAH

Kapolda Sulut silahturahmi di Kota Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Remigius Tri Hardjanto mengunjungi Kota Tomohon, Senin (14/1/2019).

Sejumlah tempat di Kota Bunga ini disambangi oleh Kapolda bersama rombongan untuk bersilahturahmi.

Kunjungan Kapolda pun diawali di Kantor Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

Kemudian, Kapolda pun melanjutkan silahturahmi bersama Wali Kota Jimmy Feidie Eman dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon (Pemkot) Tomohon, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para tokoh agama dan Pemuda Lintas Agama (Pelita), yang digelar di rumah dinas wali kota.

Wali Kota Eman dalam sambutannya melaporkan, bahwa Tomohon merupakan kota dengan tingkat toleransi umat beragama yang tinggi sebagai kesatuan masyarakat yang beragam.

Eman mengatakan, pada tahun 2017, Tomohon mendapatkan penghargaan Harmony Award yang merupakan penghargaan anugerah kerukunan umat beragama. Di mana, kata dia, Tomohon merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Sulut yang menerima penghargaan dan menempati peringkat ke-2 tingkat nasional.

Kemudian, lanjut dia, pada tahun 2018 yang lalu Kota Tomohon masuk dalam 10 besar kota di Indonesia yang menerima penghargaan Kota Toleransi.

“Selaku Pemkot Tomohon mengharapkan kerja sama antara Pemkot Tomohon dan pihak kepolisian baik Kepolisian Daerah Sulut maupun Kepolisian Resor Tomohon dapat terus terjalin dengan baik,” ujarnya.

“Atas nama Pemkot Tomohon, pribadi dan keluarga serta seluruh masyarakat Kota Tomohon menyambut baik dan mengucapkan selamat bertugas kepada Kapolda Sulawesi Utara, serta selamat datang di Kota Tomohon,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda yang didampingi Kapolres Tomohon AKBP Raswin Sirait pun berpesan kepada Forkopimda, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang hadir, agar terus membina sinergitas dan kekompakan antar seluruh stakeholder yang ada di Tomohon.

“Terus menjaga kekompakan dan solid, serta pertahankan penghargaan yang telah diraih,” ungkap Kapolda.

Dalam pertemuan itu pun turut dibahas sejumlah hal, khususnya situasi jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), serta Pemilihan Legislatif (Pileg).

Kapolda pun berharap agar masyarakat tidak mudah terpengaruh serta tidak menjadi penyebar berita bohong atau hoax.

Silahturahmi Kapolda dan jajaran pun diakhiri di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Karo Ops Kombes H Yohanes Suharmanto, Dir Intelkam Polda Sulut Kombes Pol Budi Herwanto, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo, Ketua DPRD Tomohon Ir Miky J L Wenur, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold V Lolowang.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Kantongi 7.933 dukungan, KPU nyatakan dokumen RoSe memenuhi syarat

Published

on

Ketua KPU saat menyerahkan berita acara penerimaan berkas kepada bapaslon perseorangan RoSe. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.comProses pemeriksaan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Robert Pelealu dan Sello Fransiskus HA Soekirno, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) berlangsung panjang, Sabtu (23/2/2020).

Terpantau, bapaslon yang dikawal puluhan pendukungnya ini tiba di kantor KPU Tomohon sekitar pukul 10.00 WITA.

Keduanya pun kemudian secara langsung menyerahkan dokumen syarat dukungan tersebut kepada kepada pihak KPU Tomohon.

Usai diserahkan, tim dari KPU pun langsung melakukan pemeriksaan terhadap ribuan syarat dukungan berupa formulir yang disertai KTP Elektronik dari pendukung.

Proses tersebut pun berlangsung hingga sekitar pukul 20.15 WITA.

Hasilnya, Ketua KPU Harryanto Lasut bersama empat komisioner lainnya masing-masing Stenly Kowaas, Robby Golioth, Jacobus Wowor dan Albertien Vierna Pijoh dokumen menyatakan, syarat dukungan dari bapaslon berjuluk RoSe tersebut telah memenuhi syarat untuk diproses ke tahap selanjutnya.

“Jumlah dukungan yang diserahkan berjumlah 7.962. Namun, setelah dilakukan pengecekan, jumlah dukungan yang lengkap berjumlah 7.933, dengan sebaran di lima kecamatan,” ujar Lasut.

Menurut Lasut, jumlah syarat dukungan yang dimasukkan oleh pasangan yang berlatarbelakang Jaksa dan TNI ini pun telah memenuhi syarat minimal yang ditetapkan oleh KPU, yaitu sebanyak 7.097 dukungan.

“Berdasarkan hasil pengecekan dukungan bapaslon perseorangan Robert Pelealu dan Sello Fransiskus HA Soekirno dinyatakan memenuhi yarat dukungan dan sebaran. Sehingga dokumen bapaslon perseorangan kami nyatakan diterima,” pungkas Lasut.

Proses penyerahan dan pengecekan dokumen syarat dukungan tersebut diawasi langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon Deisy T Soputan dan Anggota Bawaslu Merwan Irfan Dokal.

Diketahui, usai dinyatakan memenuhi syarat, dokumen bapaslon perseorangan tersebut selanjutnya akan diverifikasi administrasi oleh pihak KPU.

Tak hanya itu, ribuan dukungan tersebut akan diverifikasi secara faktual satu per satu oleh KPU.

Sementara itu, bapaslon RoSe saat diwawancarai mengatakan, data yang dimasukkan merupakan data yang benar.

Sehingga, pihaknya optimis syarat dukungan yang telah dimasukkan akan diterima dan bisa menjadi tiket bagi bapaslon tersebut untuk mencalonkan diri sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 23 September 2020 mendatang.

“Kami sudah mengantisipasi jika terjadi kekurangan. Yang pasti, dukungan ini akan kita jaga dan kembangkan,” ujar bapaslon RoSe, didampingi Ketua Tim LO Philip Karamoy.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com