Connect with us

HEADLINE

Menegangkan, buaya yang mangsa pengasuhnya akhirnya dievakuasi

Published

on

zonautara.com

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Suasana yang cukup menegangkan terjadi di lokasi kandang buaya di area perusahaan budidaya mutiara di Desa Ranowangko, Kecamatan Tanawangko, Minahasa, Senin (14/1/2019).

Petugas dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki mengevakuasi buaya berukuran panjang 4,4 meter dan lebar 90 centimeter itu.

Sebelumnya, buaya yang diberi nama Merry itu telah melukai Kepala Laboratorium CV. Yosiki, Deasy Tuwo (44). Deasy ditemukan tewas dalam kondisi tubuh tak utuh.

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara, harus menyita buaya tersebut karena kepemilikannya tidak berijin.

Pemilik buaya yang dipelihara di dalam kandang berukuran panjang sekitar 15 meter itu tidak dapat ditemui.

“Buaya ini dievakuasi karena jangan sampai membahayakan lagi orang lain,” ujar Sekretaris BKSDA Sulut Hendrik Rundengan.

Warga yang berkerumun di lokasi evakuasi merasa tegang melihat petugas PPS Tasikoki berusaha menaklukan reptil raksasa itu.

Beberapa petugas PPS Tasikoki mulanya berusaha mengikat mulut buaya. Merasa terancam, buaya itu memberontak dan mencoba memberi perlawanan.

Baca pula: Tak semestinya satwa liar dipelihara

Namun dengan keahlian yang dimiliki, buaya itu dapat ditaklukan. Butuh puluhan orang untuk mengangkat buaya dari kolam kandangnya.

Kandang yang dibuat dari pagar beton harus dijebol, agar buaya tersebut bisa diangkut ke mobil.

Evakuasi yang berlangsung selama sekitar tiga jam itu juga ikut dibantu oleh aparat TNI dan kepolisian.

“Tidak sembarang melakukan evakuasi, kita harus berhati-hati dan paham betul bagaimana seharusnya mempelakukan satwa liar,” ujar rescuer PPS Tasikoki, Noldy.

Manajer PPS Tasikoki Billy Lolowang menjelaskan bahwa seharusnya satwa liar tidak untuk dipelihara.

Usai dievakuasi, buaya itu akan dibawa ke lokasi konservasi yang menjadi mitra BKSDA Sulut.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi

HEADLINE

Update corona 4 April: Amerika dekati 300 ribu kasus, 1120 kematian sehari di Prancis

Total yang terinfeksi sebanyak 1.096.131 orang dari seluruh dunia.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Jumlah kasus di Amerika Serikat dalam sehari menunjukkan angka yang sangat tinggi. Dalam data yang diakses melalui situs Worldometers, pada Jumat (3/4) kemarin ada 30.171 orang yang terinfeksi virus corona.

Total orang di Amerika Serikat yang kini terkonfirmasi terjangkit covid-19 ada sebanyak 275.048 orang, 12.097 diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara orang meninggal akibat virus ini di Amerika hampir 1000 orang perhari. Pada Jumat kemarin ada 996 orang meninggal sehingga angka total orang meninggal mencapai 7.067 orang.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta warga negaranya bersiap menghadapi masa terburuk, saat pandemi covid-19 mencapai puncaknya. Menurut Trump, para ahli memperkirakan akan ada kematian akibat virus corona di Amerika Serikat mencapai 240 ribu orang.

Sementara secara global kini orang yang terinfeksi ada sebanyak 1.096.131 orang, 228.346 orang diantaranya sudah sembuh. Dalam sehari ada 81.066 kasus baru yang tercatat dari seluruh dunia.

Angka kematian secara global mencapai 58.822 orang, bertambah 5.654 orang sepanjang Jumat kemarin.

1.120 kematian di Prancis

Di Prancis angka kematian per hari sangat tinggi dan semakin mengkhawatirkan. Sepanjang Jumat kemarin tercatat ada 1.120 orang meninggal, sehingga total orang meninggal di Prancis mencapai 6.507 orang.

Sementara jumlah orang terkonfirmasi terjangkit virus corona di Prancis mencapai 64.338 orang, da 14.008 diantaranya sudah sembuh.

Baca pula: Bersiap menjadi amfibi pasca covid-19

Italia dan Spanyol kini telah mencapai angka kasus hampir 120 ribu orang. Di Italia ada 119.827 kasus dan di Spanyol sebanyak 119.199 orang yang terinfeksi.

Angka kematian di kedua negara Eropa ini juga sangat tinggi. Italia ada 14.681 orang meninggal bertambah 766 orang dalam sehari, sementara di Spanyol ada 11.198 orang meninggal, bertambah 850 orang dalam sehari.

Negara Jerman juga terus menunjukkan kenaikan penularan. Ada 6.365 orang dalam sehari di Jerman yang terinfeksi, sehingga total kasus positif di Jerman mencapai 91.159 orang. Angka ini telah melampaui China (81.620 kasus).

Eropa kini telah menjadi pusat pandemi covid-19. Hampir semua negara di Eropa telah melaporkan adanya penularan virus corona. Kini ada 181 negara di seluruh dunia yang mendapati warganya terjangkit covid-19.

Indonesia 1.986 kasus

Pemerintah Indonesia melaporkan masih terus terjadi penularan di berbagai provinsi. Kini sebanyak 32 provinsi sudah mendapati kasus positif di wilayahnya. Sebanyak tujuh provinsi menetapkan status siaga darurat bencana covid-19.

Baca pula: Tabel sebaran covid-19 pada 3 April

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melaporkan hingga Jumat (3/4) ada sebanyak 1.986 orang yang terkonfirmasi terjangkit virus corona.

Sebanyak 134 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, dan 181 orang meninggal.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com