TOMOHON, ZONAUTARA.comKota Tomohon akan merayakan Hari Jadi ke-17 pada 27 Januari 2020 mendatang.

Berbagai kegiatan digelar untuk merayakan peringatan berdiri Tomohon sebagai daerah otonom ini.

Salah satu kegiatan yang digelar, yakni ziarah ke makam para mantan Wali Kota Tomohon dan mantan Bupati Minahasa yang dimakamkan di Kota Tomohon.

Ritual tahunan dalam menyambut Hari Jadi Kota Tomohon ini pun dilaksanakan di makam Penjabat Wali Kota Tomohon yang pertama Almarhum Boy Simon Tangkawarouw dan makam mantan Bupati Minahasa Dolfie Tanor, serta makam Karel Lasut-Senduk, Jumat (24/1/2020).

Di makam Almarhum Boy Simon Tangkawarouw yang terletak di pekuburan keluarga Tangkawarouw-Supit di Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, upacara dipimpin oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Upacara sekaligus tabur bunga ini pun diikuti oleh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon bersama Keluarga Besar Tangkawarouw-Supit.

Ziarah di makam Almarhum Dolfie Tanor dipimpin Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo dan diikuti oleh jajaran Pemkot Tomohon, serta keluarga.

Sementara, untuk ziarah di makam Almarhum Karel Lasut-Senduk dipimpin Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait yang juga diikuti oleh jajaran Pemkot Tomohon, Polres Tomohon, serta keluarga.

Selain itu, turut hadir dalam ziarah di beberapa lokasi tersebut, yakni Sekretaris Kota Harold Lolowang, unsur Karang Taruna Kota Tomohon, tokoh agama dan masyarakat.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan, ziarah tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada para mantan pejabat baik di Tomohon maupun Minahasa.

“Para almarhum ini sudah sangat berjasa bagi Kota Tomohon dan juga Kabupaten Minahasa. Sehingga, di momen Hari Jadi ke-17 Kota Tomohon ini kita patut menghormati akan jasa-jasa para mantan pejabat baik di Kota Tomohon maupun di Kabupaten Minahasa,” pungkas Eman.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !