TOMOHON, ZONAUTARA.com Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon guna memerangi penyebaran virus Corona Covid-19 kian diperlihatkan.

Selain memutuskan agar para siswa belajar mandiri di rumah dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) juga bekerja dari rumah, namun Pemkot Tomohon pun juga akan melaksanakan sejumlah aksi nyata.

Yakni, membangun sejumlah tempat cuci tangan, yang merupakan cara ampuh untuk menghindarkan manusia agar tidak tertular Covid-19, hingga mensterilkan tempat-tempat umum dengan menyemprotkan cairan desinfektan.

Hal tersebut ditegaskan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, usai memimpin rapat terkait pencegahan virus Corona, Senin (16/3/2020).

Eman mengatakan, penyemprotan desinfektan tersebut akan dilakukan di fasilitas-fasilitas umum, yang banyak didatangi oleh masyarakat.

“Jadi kami akan menempatkan di beberapa titik tempat cuci tangan. Besok (hari ini) atau lusa (Rabu), kami akan melakukan (penyemprotan) desinfektan di beberapa tempat, di pasar, di Mal Pelayanan Publik (MPP), termasuk di terminal,” ujar Eman.

Menurut dia, langkah-langkah konkrit dari Pemkot Tomohon tersebut akan membangun kesadaran kepada masyarakat untuk turut terlibat dalam pencegahan wabah virus ini.

“Kami juga mengimbau BUMN, BUMD dan perbankan agar mempersiapkan fasilitas yang bisa mencegah penyebaran virus Corona yang begitu cepat,” tuturnya.

Eman juga mengimbau kepada masyarakat yang baru pulang dari luar negeri atau daerah di dalam negeri yang telah terpapar virus Corona, agar segera melaporkan kepada pemerintah setempat.

“Tidak perlu malu, karena penyakit ini bukan penyakit yang tidak menyebabkan hal-hal yang negatif. Tapi kita harus berani membuka diri. Kita harus mengingat, jika kita tidak membuka diri dan kita telah terpapar virus ini, kita juga akan merugikan orang-orang terdekat yang kita cintai,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !