bar-merah

Sempurnakan rancangan awal RKPD, pemkot gelar konsultasi publik

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) menggelar Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Kegiatan yang dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang ini digelar di Grand Master Resort Kakaskasen Satu, Jumat (1/2/2019).

Lolowang dalam kesempatan tersebut mengatakan, sebagai dokumen resmi pemerintah daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis, yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

Oleh sebab itu, kata dia, proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya.

Menurut dia, pihaknya melakukan suatu terobosan dalam hal perencanaan yang juga menunjang program EMAS melalui pelaksanaan e–goverment, yaitu dengan  membuat suatu sistem perencanaan berbasis website yang dikenal dengan nama Si Andal Tom, yakni Sistem Informasi Perencanaan dan Pelaporan Kota Tomohon.

Di dalamnya, kata dia, memuat beberapa aplikasi, antara lain e-pokir, e-proposal, e-musrenbang, e-renja, e-rkpd, dan e-report. Sehingga, dapat mempermudah penyusunan dokumen perencanaan, dalam hal ini penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020.

Lolowang menjelaskan, forum tersebut mempedomani kebijakan nasional dan provinsi, mendorong potensi daerah, sehingga terwujud pengembangan potensi dan ekonomi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, konsistensi dalam perencanaan dan pelaksanaan, serta sinergitas program.

“Semoga berbagai pemikiran, masukan, saran dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Kota Tomohon,” ujar Lolowang.

Ketua DPRD Kota Tomohon Miky Wenur yang dalam kesempatan itu tampil sebagai pemateri mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemkot Tomohon.

Di mana, kata Wenur, pemkot terus bersinergi dengan DPRD, sehingga pembangunan di Kota Tomohon dalam segala bidang berjalan dengan baik, antara lain bidang kesehatan dan pendidikan.

Pihaknya pun, lanjut Wenur, tterus mendorong untuk bidang pariwisata yang juga sesuai visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon untuk menjadikan Tomohon sebagai Kota destinasi wisata dunia.

“Untuk hal ini tentu harus didukung dengan kualitas sumber daya manusia masyarakatnya, termasuk peningkatan kapasitas ASN, tujuannya adalah untuk kemajuan Kota Tomohon dan kesejahteraan masyarakatnya,” pungkasnya.

Kepala Bapelitbangda Ervinz Liuw
menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis.

Serta, untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2020.

“Di mana, rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan musrenbang RKPD tingkat kecamatan dan sebagai acuan penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja-PD).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Youddy Moningka, anggota DPRD Piet Pungus, Frets Keles, Erens Kereh, Asisten Kesra Setda Kota Tomohon O D S Mandagi bersama Asisten Perekonomian Max Mentu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Gerardus Mogi, serta para tokoh masyarakat Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com