Connect with us

ZONA DAERAH

Kejari ingatkan Lurah kelola dana kelurahan dengan tepat

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Kepala Kelurahan (Lurah) se-Kota Tomohon bakal mengelola dana kelurahan di tahun 2019 ini, yang merupakan Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan dari Pemerintah Pusat.

Aparat penegak hukum pun meminta agar pelaksanaan anggaran harus sesuai dengan peruntukan dan aturan perundang-undangan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Edy Winarko melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Wilke H Rabeta mengingatkan kepada para Lurah agar mengelola anggaran dengan tepat.

“Lurah harus menggunakan anggaran ini dengan tepat guna, tepat waktu dan tepat mutu,” ungkap Wilke saat memberikan materi dalam Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran bagi Lurah dan Operator Kelurahan dalam mengoptimalisasi sistem informasi e-budgeting, di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Senin (11/2/2019).

Menurut dia, sistem informasi e-budgeting mempunyai peran penting dalam hal pencegahan tindak pidana korupsi.

“Dalam e-budgeting ini terdapat menu pembahasan rancangan KUA-PPAS antara OPD dengan TAPD dan TAPD dengan DPRD, serta pembahasan rancangan APBD antara OPD dengan TAPD dan TAPD dengan DPRD secara elektronik sebagai upaya pencegahan korupsi,” ujarnya.

Dia berharap, para Lurah sebagai pengguna anggaran dapat berupaya semaksimal mungkin, sehingga apa yang menjadi sasaran dari pelaksanaan dana kelurahan ini dapat tercapai.

“Kami berharap tidak ada penyelewengan dalam penggunaan anggaran kelurahan ini, agar manfaatnya dapat dirasakan seutuhnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Pemerintah Kolongan Satu tingkatkan kualitas Kader Kesehatan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program-program peningkatan kualitas SDM mulai dilakukan jajaran Pemkot Tomohon. Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Di mana, instansi yang dipimpin Kepala Kelurahan (Lurah) Jones A Mait ini menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas para Kader Kesehatan, Rabu (21/8/2019).

Mait mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dari para Kader Kesehatan yang ada di Kelurahan Kolongan Satu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan Kader Kesehatan, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan tanaman obat keluarga (toga) di kelurahan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengapresiasi jajaran Pemkot Tomohon yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang terus memperhatikan kesehatan masyarakat melalui para kader kesehatan yang ada di kelurahan, khususnya yang ada di Kelurahan Kolongan Satu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan (Camat) Tomohon Tengah Edvin MJ Joseph dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM, serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman para kader kesehatan terkait program kesehatan di puskesmas.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Permendagri 13 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon ini.

Joseph pun mengapresiasi pihak kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berharap, para kader kesehatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan dan selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat didampingi Ketua LPM dan Lurah Kolongan Satu secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Kader Kesehatan.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com