Connect with us

ZONA DAERAH

Lolowang warning perangkat daerah seriusi Kota Layak Anak

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Pengembangan Kota Layak Anak (KLA) terus diseriusi Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V Lolowang saat memimpin Rapat Monitoring Evaluasi Pengembangan KLA Kota Tomohon berharap, kelengkapan berkas administrasi dari masing-masing Perangkat Daerah segera dimasukan.

“Apabila ada Perangkat Daerah yang kurang serius, segera laporkan ke saya dan akan diberi surat teguran,” ujar Lolowang saat memimpn rapat yang digelar di Lantai II Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Kamis (14/2/2019).

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Ervinz D.H Liuw, meminta masing-masing Perangkat Daerah terkait untuk segera melengkapi catatan-catatan yang diberikan.

“Masing-masing Perangkat Daerah terkait juga diminta untuk menyiapkan satu orang yang akan fokus untuk menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk kelengkapan administrasi persiapan Kota Layak Anak,” katanya.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tomohon dr Olga M Karinda mengatakan, setiap Perangkat Daerah diminta membuat inovasi-inovasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peran anak.

“Dalam waktu dekat juga, kami akan mengadakan pelatihan pengasuhan hak, diperuntukkan bagi setiap Perangkat Daerah,” katanya.

Diketahui, ada sebanyak sembilan kriteria KLA menurut peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 13 Tahun 2011, yakni indikator Kabupaten Kota Layak Anak :

  1. Adanya peraturan perundang-undangan dan kebijakan untuk pemenuhan hak anak.
  2. Persentase anggaran untuk pemenuhan hak anak, termasuk anggaran untuk penguatan kelembagaan.
  3. Jumlah peraturan perundang-undangan, kebijakan, program dan kegiatan yang mendapatkan masukan dari Forum anak dan kelompok anak lainnya.
  4. Tersedianya sumber daya manusia (SDM) terlatih Konvensi Hak Anak (KHA) dan mampu menerapkan hak anak ke dalam kebijakan, program dan kegiatan.
  5. Tersedia data anak terpilah menurut jenis kelamin, umur dan kecamatan.
  6. Keterlibatan lembaga masyarakat dalam pemenuhan hak anak.
  7. Keterlibatan dunia usaha dalam pemenuhan hak anak.
  8. Presentase anak yang teregistrasi dan mendapatkan Kutipan Akte Kelahiran.
  9. Tersedia fasilitas informasi layak anak.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Wali Kota Eman resmikan lokasi wisata baru Lokon View

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comKota Tomohon kaya akan potensi pariwisata. Satu per satu lokasi wisata bermunculan dan menjual potensi wisata alam di Kota Sejuk ini.

Teranyar, lokasi wisata baru yang hadir di Kota Bunga ini, yakni Lokon View Lounge dan Swimming Pool, yang terletak di Kelurahan Woloan Satu, Kecamatan Tomohon Barat.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman pun meresmikan tempat wisata yang menjual pemandangan alam dengan latar utama Gunung Lokon ini, Sabtu (22/6/2019).

Dalam sambutannya, Eman mengatakan,
pemerintah daerah Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu leading sektor pembangunan.

Sekaligus, kata Eman, sebagai tindaklanjut kebijakan Pemerintah Pusat yang telah menetapkan Sulut sebagai salah satu daerah destinasi unggulan pariwisata di Indonesia.

“Kehadiran Lokon View merupakan kontribusi yang sangat bermakna dari pihak owners yang ikut menopang pengembangan pariwisata Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon,” ungkap Eman.

Selain itu, lanjut Eman, Lokon View juga akan memperkuat perekonomian di Kota Tomohon tercinta ini.

Eman pun mengajak segenap pihak terkait untuk terus bersama pemerintah berupaya memperkuat sektor kepariwisataan Kota Tomohon, melalui peningkatan sinergitas kerja antarlini dan antarpemangku kepentingan.

Sehingga, mampu mewujudkan impian dan harapannya menjadi salah satu destinasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dan kompetitif.

“Atas nama Pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat dan sukses atas Soft Opening Lokon View Lounge And Swimming Pool,” pungkasnya.

Soft Opening tersebut pun diawali dengan Khadim Pdt Conny Motto, S.Th.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan selaku pemilik Lokon View, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo bersama istri, Asisten I ODS Mandagi, Plt Asisten III Lily Solang, Kadis Pariwisata Masna J.M Pioh dan sejumlah pejabat Pemkot Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com