Connect with us

ZONA DAERAH

Wawali: kelola keuangan dengan baik dan benar

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) membawakan materi pada kegiatan In House Training (IHT) Pembinaan Perbendaharaan Terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2019, Sabtu (23/2/2019) ,di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara (Minut).

Sompotan yang saat itu pun turut menutup kegiatan itu mengatakan, saat ini telah terjadi perubahan paradigma di bidang pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Antara lain, kata dia, menyangkut masalah penatausahaan keuangan yang harus dilaksanakan secara relevan handal dan akuntabel.

“Agar keuangan daerah yang dibebankan berdasarkan APBD yang merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat yang harus dikelola dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Dia pun berharap, nantinya ketika selesai mengikuti pelatihan ini dan kembali ke perangkat daerah dan kelurahan masing-masing, para pengelola keuangan daerah sudah memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja dan selalu konsisten dengan tata kelola keuangan yang baik dan benar.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Gerardus Mogi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitis, dan profesionalisme aparatur pengelolaan keuangan daerah.

Hal tersebut, kata Mogi, sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, transparan dan akuntabel serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yg berlaku.

“Manfaat kegiatan ini agar pengelola keuangan daerah dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab untuk mewujudkan good governance dan clean government,” pungkasnya.

Peserta dalam IHT ini, yakni sebanyak 170 orang yang terdiri dari PPK Perangkat Daerah, Bendahara Pengeluaran Perangkat Daerah, PPK Pembantu di Kelurahan, Bendahara Pengeluaran Pembantu di Kelurahan dan Bendahara Pengeluaran Pembantu di Sekretariat Daerah Kota Tomohon.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini pihak Badan Pemeriksa Keuangan yakni Yohanes Tukijan, Icho Pradana, Harkita, Okky W Sinaga, serta pemateri lainnya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado Herman Karamoy, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tomohon Wilke Rabeta.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

URC Totosik amankan pelaku penganiayaan di Kakaskasen

Published

on

Tim URC Totosik saat berada di TKP. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeristiwa penganiayaan kembali terjadi di Kota Tomohon, Minggu (13/10/2019) dini hari.

Pelakunya, JL alias Bless (39), warga Lingkungan IV, Kelurahan Kakaskasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara.

Sementara, korbannya lelaki Riano Paat (22), warga Lingkungan VI, Kelurahan Kakaskasen Dua.

Peristiwa penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Kalutay, Lingkungan IV, Kelurahan Kakaskasen.

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Tomohon Utara. (Foto: Istimewa)

Tim URC Totosik Polres yang mendapat informasi adanya kejadian itu langsung menuju ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Komandan Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung menjelaskan, berdasarkan pengumpulan keterangan di TKP, peristiwa itu terjadi di sela-sela pesta pernikahan yang berlangsung di wilayah tersebut.

Menurut Watung, pelaku yang merupakan penyedia sewa sound system di perayaan pesta pernikahan, sekitar pukul 01.20 WITA, hendak mematikan sound system karena sudah larut.

“Pelaku ditegur salah satu pria yang sudah mabuk hingga terjadi adu mulut. Ketika terjadi adu mulut, datang korban yang bermaksud melerai. Tanpa sebab yang jelas pelaku langsung memukul wajah korban beberapa kali,” tutur Watung.

Akibatnya, kata Watung, korban mengalami pecah bibir dan hidung mengeluarkan darah.

“Pelaku sudah kami amankan ke Mapolsek Tomohon Utara,” ungkap Watung.

Sementara itu, Kapolres Tomohon AKBP Raswin B Sirait melalui Kapolsek Tomohon Utara AKP Ronny Rondonuwu membenarkan peristiwa tersebut.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com