Connect with us

ZONA DAERAH

Wawali: kelola keuangan dengan baik dan benar

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) membawakan materi pada kegiatan In House Training (IHT) Pembinaan Perbendaharaan Terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2019, Sabtu (23/2/2019) ,di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara (Minut).

Sompotan yang saat itu pun turut menutup kegiatan itu mengatakan, saat ini telah terjadi perubahan paradigma di bidang pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Antara lain, kata dia, menyangkut masalah penatausahaan keuangan yang harus dilaksanakan secara relevan handal dan akuntabel.

“Agar keuangan daerah yang dibebankan berdasarkan APBD yang merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat yang harus dikelola dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Dia pun berharap, nantinya ketika selesai mengikuti pelatihan ini dan kembali ke perangkat daerah dan kelurahan masing-masing, para pengelola keuangan daerah sudah memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja dan selalu konsisten dengan tata kelola keuangan yang baik dan benar.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Gerardus Mogi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitis, dan profesionalisme aparatur pengelolaan keuangan daerah.

Hal tersebut, kata Mogi, sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, transparan dan akuntabel serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yg berlaku.

“Manfaat kegiatan ini agar pengelola keuangan daerah dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab untuk mewujudkan good governance dan clean government,” pungkasnya.

Peserta dalam IHT ini, yakni sebanyak 170 orang yang terdiri dari PPK Perangkat Daerah, Bendahara Pengeluaran Perangkat Daerah, PPK Pembantu di Kelurahan, Bendahara Pengeluaran Pembantu di Kelurahan dan Bendahara Pengeluaran Pembantu di Sekretariat Daerah Kota Tomohon.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini pihak Badan Pemeriksa Keuangan yakni Yohanes Tukijan, Icho Pradana, Harkita, Okky W Sinaga, serta pemateri lainnya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado Herman Karamoy, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tomohon Wilke Rabeta.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Terpilih aklamasi, Sekkot Lolowang jabat Ketua Korpri Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comSekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang terpilih menjadi Ketua Korpri periode 2019-2024.

Lolowang terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Korpri Kota Tomohon tahun 2019, yang digelar di aula Inspektorat, Selasa (18/6/2019).

Lolowang yang saat itu membacakan sambutan Wali Kota Tomohon yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, Musyawarah Daerah ini merupakan sebuah tuntutan yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Karena dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik atau good governance, kita dituntut untuk menata ulang sistem pelayanan publik dan reformasi birokrasi,” ungkap Eman.

Dia berharap dengan terpilihnya pimpinan Dewan Pengurus Korpri yang baru, kualitas pelayanan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dapat ditingkatkan. Selain itu, kata dia, juga dapat meningkatkan hubungan antarlembaga profresi, serta kesejahteraan setiap anggotanya.

“Korpri Kota Tomohon juga harus berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan Korpri baik nasional maupun regional seperti kegiatan olahraga, kesenian, kegiatan sosial maupun kegiatan lain yang menjadi agenda Korpri pusat, juga untuk kesejahteraan anggota, serta perlindungan hukum bagi tiap-tiap anggota,” pungkasnya.

Diketahui, Lolowang terpilih secara aklamasi setelah adanya pandangan umum yang diampaikan oleh Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Djoike Karouw.

Pandangan umum tersebut disetujui oleh seluruh pemegang hak suara, yakni para Kepala Dinas, Kepala Badan, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon lainnya.

Turut hadir dalam musda tersebut Ketua Bidang Pengelolaan Administrasi Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sulawesi Utara yang juga merupakan Kepala BKD Provinsi Sulawesi Utara Femmy J. Suluh.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading
Advertisement

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com