Connect with us

ZONA DAERAH

Pengawas TPS masih kurang peminat, pendaftaran diperpanjang

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Proses perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kota Tomohon resmi diperpanjang oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Pasalnya, hingga hari terakhir pendaftaran pada 21 Februari 2019 lalu, yang berminat untuk menjadi ‘wasit’ di TPS pada 17 April 2019 itu baru berjumlah 108 pendaftar.

Padahal, yang dibutuhkan untuk mengawasi proses pemilihan presiden dan wakil presiden, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, serta calon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari pusat hingga daerah di Kota Tomohon sebanyak 284, sesuai jumlah TPS.

Ketua Bawaslu Kota Tomhon Deisy T Soputan mengatakan, setelah ditutup pendaftaran tahap pertama pada 21 Januari 2019 lalu dan melihat jumlah pendaftar yang memasukan berkas, pihaknya memutuskan untuk melakukan perpanjangan masa pendaftaran PTPS.

Menurut dia, pendaftaran tahap dua ini akan berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Januari 2019.

“Sebelum pendaftaran kembali dibuka, kami telah mengumumkan kembali bahwa pendaftaran untuk Pengawas TPS ini akan diperpanjang dan proses pengumuman itu berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Februari melalui Panwaslu Kecamatan,” ungkap Soputan, Senin (25/2/2019).

Dia menjelaskan, syarat utama untuk menjadi PTPS adalah berusia minimal 25 tahun, tidak menjadi anggota dan pengurus partai politik, serta bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perangkat kelurahan.

“Untuk proses pendaftaran, jika telah lulus seleksi administrasi akan langsung dengan wawancara,” pungkasnya.

Sehingga, Soputan pun mengajak warga Kota Tomohon yang memenuhi persyaratan dan ingin terlibat dalam pengawasan pada Pemilu 2019 untuk mendaftarkan diri.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Sulut

Ini daerah asal 16 kasus baru corona di Sulut pada 28 Mei

Terbanyak berasal dari Manado.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pixabay.com

MANADO, ZONAUTARA.COM – Satgas Covid-19 Sulawesi Utara kembali menggelar jumpa pers guna mengumumkan perkembangan epidemiologi covid-19, Kamis (28/5/2020).

Pada jumpa pers tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, Steaven Dandel membenarkan ada penambahan 16 kasus baru positif corona.

“Jadi total kasus positif covid-19 di Sulut hingga hari ini sudah sebanyak 297 kasus,” kata Dandel.

Adapun 16 kasus baru positif corona yang diumumkan hari ini berasal dari Manado, Tomohon, Minahasa Utara dan Maluku Utara.

Kota Manado kini menjadi daerah terbanyak kasus positif corona di Sulut. Selain Manado, daerah lain yang juga terdapat banyak kasus positif adalah Tomohon, Minahasa dan Minahasa Utara.

“Hari ini ODP tercatat ada 131 dan PDP ada sebanyak 165,” ujar Dandel.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com