Connect with us

ZONA DAERAH

Wali Kota Eman komit lestarikan budaya

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman berkomitmen untuk melestarikan budaya di Kota Tomohon dengan mengangkat kearifan lokal.

Hal itu diungkapkan wali kota saat membuka kegiatan Dialog Kebudayaan bertajuk ‘Kearifan Budaya Lokal Masyarakat Kota Tomohon’, di AAB Guest House, Selasa (5/3/2019).

Menurut Eman, Tomohon mmeiliki tradisi dan kearifan lokal busaya yang sangat kaya dan hidup.

“Saat ini kebudayaan daerah menghadapi tantangan yakni mulai diabaikan oleh pelaku budaya karena budaya lokal, kearifan lokal serta nilai-nilai tradisional dianggap sudah tidak relevan lagi,” ujar Eman.

Untuk itu, Eman meminta agar semua elemen masyarakat di Kota Tomohon untuk terus melestarikan kebudayaan. Tentunya harus ada strategi matang, terarah dan terencana.

Dikatakannya, dialog kebudayaan yang dilakukan para tokoh dan pelaku budaya sangat baik. Selain lewat keluarga, pelestarian kebudayana juga bisa melalui pendidikan dan upaya positif lainnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Miky JL Wenur yang terus konsern dengan pelestarian kebudayaan. Narasumber Frangky Boseke, Alex John Ulaen, Pastor Paul Renwarin, Pdt Richard Siwu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana Karwur.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

URC Totosik amankan pelaku penganiayaan di Kakaskasen

Published

on

Tim URC Totosik saat berada di TKP. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeristiwa penganiayaan kembali terjadi di Kota Tomohon, Minggu (13/10/2019) dini hari.

Pelakunya, JL alias Bless (39), warga Lingkungan IV, Kelurahan Kakaskasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara.

Sementara, korbannya lelaki Riano Paat (22), warga Lingkungan VI, Kelurahan Kakaskasen Dua.

Peristiwa penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Kalutay, Lingkungan IV, Kelurahan Kakaskasen.

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Tomohon Utara. (Foto: Istimewa)

Tim URC Totosik Polres yang mendapat informasi adanya kejadian itu langsung menuju ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Komandan Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung menjelaskan, berdasarkan pengumpulan keterangan di TKP, peristiwa itu terjadi di sela-sela pesta pernikahan yang berlangsung di wilayah tersebut.

Menurut Watung, pelaku yang merupakan penyedia sewa sound system di perayaan pesta pernikahan, sekitar pukul 01.20 WITA, hendak mematikan sound system karena sudah larut.

“Pelaku ditegur salah satu pria yang sudah mabuk hingga terjadi adu mulut. Ketika terjadi adu mulut, datang korban yang bermaksud melerai. Tanpa sebab yang jelas pelaku langsung memukul wajah korban beberapa kali,” tutur Watung.

Akibatnya, kata Watung, korban mengalami pecah bibir dan hidung mengeluarkan darah.

“Pelaku sudah kami amankan ke Mapolsek Tomohon Utara,” ungkap Watung.

Sementara itu, Kapolres Tomohon AKBP Raswin B Sirait melalui Kapolsek Tomohon Utara AKP Ronny Rondonuwu membenarkan peristiwa tersebut.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com