bar-merah

Eman: ekonomi Tomohon terus bergeliat

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Perdagangan (Kemendag) tahun 2019 dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Selasa (12/3/2019).

Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi) membuka langsung kegiatan yang digelar di ICE, Tangerang, Jakarta tersebut.

Dalam sambutannya, Jokowi ‎menuturkan, kita semua pihak wajib bersyukur, karena di tahun 2018, ekonomi Indonesia masih bertumbuh hingga 5,17 persen. Padahal, kata dia, dalam empat tahun terakhir, ekonomi global sedang tidak baik.

“Bicara urusan ekonomi, empat tahun ini ekonomi global sedang pada posisi tidak baik. Ekonomi turun, pasar-pasar komoditas turun dan ikut memengaruhi ekonomi dalam negeri Indonesia,” ujar Jokowi.

“Tapi kita wajib bersyukur, pada ‎2018 ekonomi kita masih tumbuh 5,17 persen. Ini patut kita syukuri. Banyak negara yang tidak bisa pertahankan growth, sehingga banyak yang terjun ke bawah 1-1,5 persen,” timpalnya.

Menurut Jokowi, jika dibandingkan pada 2014, angka inflasi Indonesia mencapai 8 persen, lalu terus mengalami penurunan mencapai 3,13 persen di ‎2018.

Penurunan angka inflasi itu, lanjut Jokowi, harus pula disyukuri.‎ Ini berarti Indonesia bisa mengendalikan harga.

“Artinya pengendalian harga bisa dilakukan pada angka sangat rendah, 3,13 persen. Jadi kalau ada yang menyampaikan harga naik, ya kalau 1-2 barang biasa. Tapi secara rata-rata, teori ekonomi yang namanya inflasi ya pengendalian harga. Artinya dibanding 2014, turunnya anjlok,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Eman mengatakan, bahwa Kota Tomohon mengalami kemajuan pesat dalam bidang ekonomi dan investasi.

Hal tersebut, kata Eman, ditandai dengan terus bergeliatnya perekonomian di Kota Tomohon, dengan hadirnya beberapa hotel yang sementara dalam proses perampungan pembangunan dan bahkan yang telah dibuka dalam tahapan soft opening.

Begitu juga, lanjut dia, dengan bertambahkan obyek-obyek wisata yang dikelola swasta dan telah menjadi tujuan wisata yang menarik minat kunjungan para wisatawan.

Menurut Eman, geliat ekonomi tersebut berdampak pada perekonomian masyarakat yang juga memberikan kontribusi nyata dalam investasi dan perdagangan di Indonesia.

“Kehadiran dalam rakornas ini merupakan bagian dari koordinasi antarstakeholder, baik kementerian dan lembaga di dalamnya pemerintah daerah,” pungkas Eman.

“Kegiatan rakernas dan rakornas ini pun diikuti para kepala daerah, serta instansi terkait lainnya se-Indonesia.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com