BPK ingatkan Pemkot Tomohon tidak terlena

Christo Senduk
Penulis Christo Senduk



TOMOHON, ZONAUTARA.com – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) mengingatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon untuk tidak terlena dengan lima kali secara berturut-turut memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tentang pengelolaan keuangan.

Hal itu dikatakan Ana Muftiani sebagai Pengendali Teknis BPK saat Entry Briefing Pemeriksaan terinci Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran  2018, di ruang Rapat Wali Kota Tomohon, Kamis (4/4/2019).

“Sudah ada daerah yang karena terlena dengan pencapaian WTP beberapa kali lalu lali sehingga kehilangan predikat WTP,” tandasnya.

Rombongan Tim BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara diterima Wali Kota Jimmy F Eman bersama jajaran. Tim berada di Tomohon sesuai Surat Tugas Nomor  72/ST/XIX.MND/03/2019 perihal Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2018 dan akan melakukan pemeriksaan selama 35 hari.

“Kami berharap memperoleh motivasi, arahan-arahan serta kesempatan untuk memperbaiki dan menyempurnakan hal-hal administrasi yang belum lengkap. Seluruh SKPD untuk tetap komitmen agar supaya Kota Tomohon dapat meraih WTP untuk yang keenam kalinya,” ujarnya.

Responsibility dan kooperatif sangat dibutuhkan terlebih khusus dalam mengkonfirmasi dan mengklarifikasi apabila di perlukan, Walikota juga mengingatkan bahwa semua harus sesuai aturan agar supaya hasilnya memuaskan dan maksimal.

“Setiap kepala perangkat daerah harus responsif dan proaktif, jika ada data atau dokumen yang dibutuhkan langsung ditindak lanjuti untuk diserahkan dan sebisa mungkin jangan dulu keluar daerah. Komitmen Kita bersama untuk mempertahankan Opini WTP bukan hanya bicara tetapi action,” pungkas Eman.

Tim BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara yang turun di Tomohon terdiri dari Yulianti Suwarsi sebagai Ketua Tim, Muhammad Kelik Juniarto SW, Fitri Annisa Pharmahersa, Aulia Margaretha Ginting sebagai anggota tim.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Penulis Christo Senduk
Editor
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com