Connect with us

ZONA DAERAH

Pemkot Tomohon terima ratusan mahasiswa KKT Unsrat

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan menerima mahasiswa Kuliah Kerja Terpadu (KKT) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Angkatan Ke-120, di depan Wale Kabasaran, Senin (8/4/2019).

Saat membacakan sambutan wali kota, Sompotan mengatakan, bahwa sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, maka wajib untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Menurut dia, kegiatan KKT tersebut merupakan tindak lanjut dari pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan kegiatan sivitas akademika, yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Saya berharap lewat kegiatan KKT ini, akan memberikan manfaat bagi para mahasiswa, sekalian juga memberikan dampak yang positif dan membangun bagi Kota Tomohon. Semoga dapat beradaptasi dengan budaya di Kota Tomohon dan merasa betah dan nyaman berada di kota yang sejuk ini,” ungkapnya.

Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, lanjut dia, dirinya mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan praktek di Kota Tomohon beserta seluruh sivitas akademika Unsrat Manado yang telah mempercayakan Kota Tomohon sebagai tempat untuk pelaksanaan KKT.

Sebelumnya, Pimpinan KKT Angkatan Ke-120 Unsrat Manado Prof Welly A Areros dalam laporannya mengatakan, bahwa total mahasiswa yang melaksanakan KKT di Kota Tomohon sebanyak 437 orang, yang dibagi di empat kecamatan, yakni Tomohon Utara 124 orang, Tomohon Timur 61 orang, Tomohon Selatan 152 orang dan Tomohon Barat 100 orang.

Turut hadir dalam kesempatan itu Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon O D S Mandagi, para dosen dan mahasiswa KKT Angkatan ke-120 Unsrat Manado, serta para Camat se-Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Kebudayaan aset penting dalam pembangunan daerah

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbuda) menggelar Seminar Peningkatan Kapasitas Budaya Daerah, dilaksanakan di Hotel Wise Tomohon, Jumat (19/7/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) H.V. Lolowang, hadir dalam seminar tersebut.

Dalam sambutannya, Lolowang mengatakan, masyarakat Tomohon memiliki tradisi dan kearifan lokal budaya yang sangat kaya dan hidup. Kedua hal tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan kebudayaan.

Menurut Lolowang, kebudayaan harus dianggap sebagai aset penting yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

“Masyarakat Tomohon hanya dapat menjadi masyarakat yang besar apabila mampu mewujudnyatakan kebudayaan ke dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kebudayaan daerah menghadapi tantangan, yaitu ketika kekuatan budaya lokal, kearifan lokal, nilai-nilai tradisional dianggap tidak lagi relevan, hingga mulai diabaikan oleh pelaku budayanya.

“Diperlukan sebuah terobosan yang baru dari pelaku budaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal yang ada agar tidak terbawa arus globalisasi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, Pemkot Tomohon melalui Dikbuda Kota Tomohon bersama Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya melaksanakan Seminar Nasional untuk membahas budaya lokal yang ada di Kota Tomohon sebagai upaya peningkatan kapasitas budaya lokal yang dimiliki oleh masyarakat.

“Pemkot Tomohon memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya yang telah memberikan kesempatan kepada Pemkot Tomohon dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah untuk melaksanakan kegiatan ini,” pungkasnya.

Turut hadir juga pada kegiatan ini Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana D. Karwur, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Madjmuddin Ramly, para tokoh-tokoh pemerhati budaya dan akademisi di Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com