Connect with us

ZONA DAERAH

1.115 siswa SD di Tomohon ikut USBN

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Tomohon dibuka Sekretaris Kota (Sekkot) Harold V Lolowang mewakili Wali Kota Jimmy F Eman, di SD GMIM VII Tomohon, Senin (22/4/2019).

Diketahui, siswa peserta USBN di Kota Tomohon berjumlah 1.511 terdiri dari 776 laki-laki dan 735 perempuan, berasal dari 21 sekolah negeri, 43 sekolah swasta dan 2 MI.

Pembukaan ditandai dengan pembukaan naskah.

“Para siswa agar sebelum menjawab, berdoa meminta tuntutan Tuhan,” kata Lolowang.

Agar bisa mengikuti ujian hingga hari terakhir, Lolowang meminta kepada para siswa agar menjaga kesehatan dan beristirahat cukup.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon Juliana Dolvin Karwur yang mendampingi Sekkot mengatakan, USBN tahun ajaran 2018/2019 ini menggunakan Moda Kombinasi Ujian Berbasis Komputer dan Kertas.

“Lembar jawaban menggunakan Lembar Jawaban Komputer yang nantinya akan diperiksa dengan cara dipindai atau di-scan,” jelas Karwur.

USBN itu sendiri terdiri dari tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilu Pengetahuan Alam (IPA) berlangsung Senin hingga Rabu. Tiap hari satu mata pelajaran.

Turut hadir dalam pembukaan USBN, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait, dan perwakilan Kajari Tomohon.

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Pemerintah Kolongan Satu tingkatkan kualitas Kader Kesehatan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program-program peningkatan kualitas SDM mulai dilakukan jajaran Pemkot Tomohon. Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Di mana, instansi yang dipimpin Kepala Kelurahan (Lurah) Jones A Mait ini menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas para Kader Kesehatan, Rabu (21/8/2019).

Mait mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dari para Kader Kesehatan yang ada di Kelurahan Kolongan Satu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan Kader Kesehatan, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan tanaman obat keluarga (toga) di kelurahan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengapresiasi jajaran Pemkot Tomohon yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang terus memperhatikan kesehatan masyarakat melalui para kader kesehatan yang ada di kelurahan, khususnya yang ada di Kelurahan Kolongan Satu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan (Camat) Tomohon Tengah Edvin MJ Joseph dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM, serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman para kader kesehatan terkait program kesehatan di puskesmas.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Permendagri 13 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon ini.

Joseph pun mengapresiasi pihak kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berharap, para kader kesehatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan dan selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat didampingi Ketua LPM dan Lurah Kolongan Satu secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Kader Kesehatan.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com