Connect with us

Bencana dan Musibah

Kebakaran hanguskan puluhan kios di Pasar Girian

Published

on

BITUNG, ZONAUTARA.com – Peristiwa kebakaran terjadi Kota Bitung, sekitar pukul 05.00 WITA, Selasa (23/4/2019).

Si jago merah ini mengamuk dan menghanguskan puluhan kios di kompleks Pasar Girian yang berlokasi di Girian Bawah, Kota Bitung ini.

Saksi mata menuturkan, api mulai muncul sekitar pukul 05.00 WITA dan mulai membesar merembet ke bangunan-bangunan kios yang berdekatan.

Kios-kios yang terbakar mayoritas berisi bahan pokok, elektronik dan pakaian.

Api diduga berasal dari tempat ayam potong dan merembet kios baju hingga menghanguskan kios-kios lainnya.

Pantauan Zona Utara, tujuh unit armada pemadam kebakaran (damkar) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dan Polres Bitung diterjunkan untuk memadamkan api.

Hamidah (35), salah satu pedagang yang kiosnya terbakar menuturkan, dirinya baru mengisi kios

“Baru belanja Rp10 juta kemarin. Sebelum puasa untuk modal sebelum puasa,” katanya.

Pedagang lainnya Abdulrahman (40), pedagang yang berjualan beras mengatakan, sudah dua tahun mencari nafkah di pasar tersebut.

”Kerugian sekitar Rp70an juta,” ungkapnya.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bencana dan Musibah

Kebakaran di Riau menghebat, Pemerintah kerahkan 50 helikopter

Hanya hujan yang bisa memadamkan api di sejumlah wilayah karhutla.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hebat yang terjadi di wilayah Provinsi Riau menjadi perhatian pemerintah. Sejauh ini sudah 50 helikopter yang dikerahkan dari berbagai kementerian/lembaga, TNI, Polri, dan swasta untuk melakukan water bombing untuk memadamkan lahan gambut yang memang sulit dipadamkan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam keterangan pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (14/09/2019), mengatakan bahwa pihaknya sendiri mengerahkan 42 helikopter untuk pemadaman karhutla.

Kepala BNPB mengatakan bahwa usaha pemadaman lahan gambut bukanlah hal yang mudah. Misalnya, karhutla yang terjadi di satu daerah di Sumatra Selatan, sudah selama satu bulan belum bisa dipadamkan hingga hari ini.

“Pemadaman melalui water bombing maupun selang air bukan upaya yang efektif untuk memadamkan api. Hanya hujan yang bisa memadamkan api di sejumlah wilayah karhutla,” ujarnya.

BNPB turut membangun kerja sama dengan Badan Metereologi Klimatologi dna Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan awan agar bisa segera dibuat hujan buatan.

Doni menyampaikan bahwa wilayah karhutla paling besar terjadi di Provinsi Riau seluas lebih kurang 40 ribu hektare. Sedangkan, jumlah keseluruhan lahan yang terbakar mencapai 80 ribu hektare. Luasnya lahan yang terbakar itu, menjadi salah satu faktor penyebab jumlah titik api semakin meningkat, dan ketebalan asap dan ketebalan polutan semakin buruk.

“Rendahnya curah hujan di wilayah karhutla akibat dampak dari fenomena El Nino makin memperburuk kebakaran dan kualitas udara yang ada di Riau,” kata Doni.

zonautara.com
Kepala BNPB Doni Monardo terjun langsung padamkan karhutla di Riau, Rabu (11/09/2019).(Image: Humas BNPB)

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala BNPB Doni Monardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati  untuk berkoordinasi terkait penanganan karhutla di wilayah Provinsi Riau.

Dalam penjelasannya kepada Biro Pers Sekretariat Presiden, Panglima TNI menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca atau Hujan Buatan di wilayah yang terkena karhutla. Panglima TNI juga mengatakan akan mengirim tambahan pesawat CN-295 dan Hercules untuk kembali membuat Hujan Buatan dengan skala yang lebih besar.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com