Connect with us

ZONA DAERAH

TIFF 2019 dan iven pariwisata se-Sulut diluncurkan

Published

on

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) tahun 2019 bersama iven-iven pariwisata se-Sulawesi Utara (Sulut) resmi diluncurkan di Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Senin (22/3/2019).

Launching Calendar of Event North Sulawesi 2019 ini pun dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, dengan didampingi oleh para sejumlah Kepala Daerah di Sulut, di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar RI.

Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon yang dipimpin langsung Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman turut hadir dalam kesempatan itu.

Menpar Arief Yahya mengatakan, peluncuran Calender of Event Sulut 2019 ini adalah upaya mempromosikan pariwisata di Bumi Nyiur Melambai. Menurut dia, CoE Sulut 2019 juga bisa berimbas positif untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Sulut.

Khususnya, kata dia, wisatawan dari Tiongkok, Malaysia, Amerika Serikat dan Inggris, sebagai pasar utamanya. Serta wisatawan asal Thailand, Singapura, dan Brunei sebagai pasar potensial.

“Peluncuran Calendar of Event menjadi bukti keseriusan Sulawesi Utara untuk sektor pariwisata. Dan rangkaian atraksi yang disajikan bisa menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan. Apalagi, Bandara Sam Ratulangi Sulut sudah terkoneksi dengan beberapa negara, seperti Tiongkok,” paparnya.

Terkait TIFF, Yahya memastikan, dirinya akan hadir menyaksikan festival tahunan tersebut.Dia pun mengingatkan kepada kepala daerah bersama panitia penyelenggara agar meramu pelaksanaan festival ini dengan begitu baik dan profesional, mempromosikannya secara luas dan massif, serta melibatkan seluruh stakeholder dalam masyarakat.              

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalu Sekretaris Provinsi (Sekprov) Edwin Silangen menjelaskan, bahwa Sulut memiliki produk wisata utama sebagai destinasi wisata bahari utama Bunaken yang berkelas dunia dan menjadi ikon pariwisata Kota Manado serta destinasi wisata budaya dan ekowisata.

“Kami berterima kasih tahun ini Kemenpar memasukan 3 iven, yakni Festival Pesona Bunaken, Tomohon International Flower Festival dan Festival Pesona Selat Lembeh dalam kalender nasional 100 Wonderful Event 2019,” katanya.

Sementara, Wali Kota Eman mengatakan, visinya bersama Wakil Wali Kota Tomohon 2017-2021 adalah terwujudnya masyarakat Kota Tomohon yang religius, berdaya saing, demokratis, sejahtera, berbudaya dan berwawasan lingkungan menuju kota wisata dunia.

Menurut dia, TIFF yang telah digelar sejak tahun 2008 dan menjadi skala internasional pada tahun 2010, telah masuk dalam 100 Calendar of Event Kemenpar RI kategori Wonder Event pada tahun 2018 dan 2019.

“Iven TIFF telah diikuti oleh berbagai negara sahabat, yakni Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India, Rusia, Amerika, Perancis, Belanda, Filipina, Hongkong, Thailand, Selandia, Baru, India, Polandia, Jepang, Australia, Tiongkok, Singapura, Sekretariat Nasional ASEAN, CAFE (Council of Asian Flower Exhibition). Dan pada tahun 2019, pesertanya adalah Louny City Ceko, Jepang, Korea Selatan, Georgia, Negara Anggota CAFÉ, yakni Nepal, Pakistan, Singapura, Taiwan, Thailand, Bhutan, Khazakstan dan Malaysia,” paparnya.                                                    

Menyongsong pelaksanaan TIFF 2019, Wali Kota Eman pun berharap, agar semua komponen yang ada dalam masyarakat untuk bersama-sama menyukseskannya, karena memiliki dampak yang luas dan akan dinikmati secara langsung oleh seluruh elemen masyarakat Kota Tomohon.

“Bersama-sama mari kita sukseskan TIFF 2019 untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA DAERAH

Pemkot Tomohon jaring ASN Teladan 2019

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mulai melakukan penjaringan atau seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Teladan tahun 2019.

Seleksi tersebut pun dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tomohon, Senin (15/7/2019).

Wali Kota Tomohon melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) H V Lolowang saat membuka kegiatan mengatakan, aparatur pemerintah memegang peranan yang sangat menentukan dalam penyelenggaraan proses pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

Karena itu, kata dia, dibutuhkan insan aparatur yang profesional, loyal, berdedikasi, berdisiplin, taat aturan, berwawasan luas, memiliki kompetensi, serta mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang secara dinamis.

“Seperti upaya Pemerintah Kota Tomohon dalam menata birokrasi ke arah yang lebih baik. Melalui seleksi ASN Teladan yang bertujuan untuk membentuk sosok ASN yang memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta setia pada NKRI, Pancasila dan UUD 1945, serta berpengetahuan, beretika yang baik, cerdas, terampil, disiplin dan bertanggung jawab, sehingga dapat dijadikan panutan atau teladan dalam masyarakat,” ujarnya.

Dia pun berharap, para peserta seleksi kiranya dapat mengikuti tahapan-tahapan seleksi ASN Teladan dengan baik sesuai dengan tugas yang diemban masing-masing.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Daniel E Pontonuwu menjelaskan, ada 17 orang dari utusan 10 perangkat daerah yang ikut dalam seleksi ini.

“Mereka dibagi empat kategori, yakni pejabat administrasi negara yang tidak ada peserta. Pejabat pengawas sebanyak delapan orang peserta. Jabatan fungsional umum golongan III sebanyak empat peserta dan jabatan fungsional umum sebanyak lima peserta,” katanya.

Daa menambahkan, seleksi tersebut akan  berlangsung 8 hingga 31 Juli 2019,

“Hadiah bagi ASN Teladan, yakni sertifikat dan studi banding ke luar daerah,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com