bar-merah

Ancam warung kecil, Wenur minta pemkot batasi kehadiran toko modern

TOMOHON, ZONAUTARA.comKehadiran toko modern di Kota Tomohon kian menjamur. Teranyar, satu retail modern berlabel Alfamidi hadir di Kota Tomohon dan resmi beroperasi, Rabu (24/4/2019).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Miky JL Wenur mengatakan, kehadiran toko-toko modern tersebut wajib dibatasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon selaku pemberi izin.

Menurut Wenur, kehadiran toko modern yang saat ini sudah berjumlah 14 tersebut harus pun disesuaikan dengan kondisi jumlah penduduk di Kota Tomohon kurang lebih 98.000.

Pasalnya, kata Wenur, Kota Tomohon juga memiliki pasar dan toko-toko kecil yang pasti akan sangat berdampak.

“Tidak bisa juga dibilang tidak boleh ada, karena seiring perkembangan kota, toko modern ini juga dibutuhkan. Cuma, perlu ada pengendalian supaya dia berimbang antara jumlah penduduk dan jumlah toko modern,” ungkap Politisi Partai Golkar ini.

Dia menjelaskan, jika ada keseimbangan antara kehadiran toko modern dan jumlah penduduk, maka warung-warung kecil atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa terus bertahan.

“Jangan sudah di setiap sudut. Kan ada aturan untuk toko modern hanya di jalan provinsi dan tidak boleh masuk di jalan kota,” tegas istri dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Stefanus BAN Liow ini.

Dia pun mengingatkan Pemkot Tomohon melalui dinas terkait untuk melakukan pengendalian terhadap kehadiran toko-toko modern ini, sehingga tidak berdampak pada warung-warung kecil.

Diketahui, saat ini sudah ada sebanyak 14 toko modern di Kota Tomohon. Salah satunya yang berlable Alfamidi pun baru dibuka, Rabu (24/4/2019). Toko modern itu pun direncanakan akan dibuka di enam titik di Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com