Connect with us

ZONA DAERAH

Jalan sehat awali rangkaian peringatan Hardiknas di Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 di Kota Tomohon resmi dibuka oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, Jumat (26/4/2019).

Jalan sehat yang mengambil start di Menara Alfa Omega dan finish di Anugerah Hall Tomohon ini pun menjadi pembuka rangkaian kegiatan tersebut.

Eman dalam sambutannya mengatakan, di Hardiknas tahun 2019 ini, pihaknya berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional.

Menurut Eman, kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia.

“Oleh karena itulah, pada Hari Pendidikan Nasional 2019 ini mari kita satukan tekad untuk menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan, dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan,” ujar Eman.

Dia menjelaskan, kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan.

Kita, lanjut Eman, terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan.

“Kita terus menggali kekayaan budaya Indonesia, melestarikan, dan mengembangkannya demi terwujudnya Indonesia yang benar-benar adikuasa di bidang kebudayaan,” pungkasnya.

Diketahui, rangkaian kegiatan dalam rangka Hardiknas tahun 2019, yakni Pemilihan PTK Berprestasi 29 April dan 3 Mei 2019, Pawai Bocah 29 April 2019, Rekor Muri Tari Mahzani terbanyak dan Pencanangan Kampung Budaya pada Agustus 2019, Upacara Hardiknas dan Devile 2 Mei 2019, Festival Budaya Daerah 7-8 Mei 2019, Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 9 Mei 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Tomohon Syerly A Sompotan, Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold V. Lolowang, jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Pemerintah Kolongan Satu tingkatkan kualitas Kader Kesehatan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program-program peningkatan kualitas SDM mulai dilakukan jajaran Pemkot Tomohon. Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Di mana, instansi yang dipimpin Kepala Kelurahan (Lurah) Jones A Mait ini menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas para Kader Kesehatan, Rabu (21/8/2019).

Mait mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dari para Kader Kesehatan yang ada di Kelurahan Kolongan Satu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan Kader Kesehatan, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan tanaman obat keluarga (toga) di kelurahan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengapresiasi jajaran Pemkot Tomohon yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang terus memperhatikan kesehatan masyarakat melalui para kader kesehatan yang ada di kelurahan, khususnya yang ada di Kelurahan Kolongan Satu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan (Camat) Tomohon Tengah Edvin MJ Joseph dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM, serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman para kader kesehatan terkait program kesehatan di puskesmas.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Permendagri 13 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon ini.

Joseph pun mengapresiasi pihak kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berharap, para kader kesehatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan dan selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat didampingi Ketua LPM dan Lurah Kolongan Satu secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Kader Kesehatan.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com