Connect with us

ZONA DAERAH

Wawali SAS hadiri Pertemuan Berkala PAUD Keuskupan Manado

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wakil Wali Kota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) menghadiri acara Pertemuan Berkala ke-XIV Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Keuskupan Manado, yang dilaksanakan di Gereja  Katolik Santo Antonius Padua Taratara, Jumat (26/4/2019).

Dalam sambutannya, Wawali Sompotan mengatakan, hari ini menjadi spesial selaku Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, karena boleh bertatap muka bersama suluruh anak-anak dan keluarga besar PAUD se-Keuskupan Manado yang datang dari seluruh wilayah Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo (Suluttenggo).

“Saya atas nama pemerintah dan keluarga menyampaikan selamat Paskah bagi kita sekalian. Kiranya makna kebangkitan Kristus bagi kita, khususnya adik-adik PAUD yang berada pada zaman milenial ini akan membawa semangat baru dan prestasi yang begitu banyak bagi adik-adik generasi penerus cita cita bangsa,” ungkapnya.

Sompotan pun berpesan kepada para adik-adik usia dini agar terus menjadi adik adik yang takut akan Tuhan, dengar-dengaran kepada orang tua dan kepada ibu bapak guru di sekolah.

Kemudian, lanjut dia, rajin membantu ibu dan bapak di rumah, rajin menghadiri ibadah di gereja dan  semangat ke sekolah dan belajar dengan giat.

“Tentunya pula dukungan orang tua sebagai keluarga terdekat akan sangat memberi arti tersendiri bagi anak-anak termasuk pula dari kalangan pemerintah dan gereja yang menjadi mitra pelayanan anak-anak itu sendiri,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan saat ini akan terus memupuk kesadaran akan tanggung jawab semua anggota masyarakat terutama orang tua, gereja, pemerintah, swasta dan instansi publik yang harus melindungi hak dan masa depan anak, serta memungkinkan masyarakat umum untuk menghargai kebutuhan untuk menjunjung tinggi hak dan martabat anak sesuai dengan hak yang diberikan kepada mereka oleh konvensi hak-hak anak..

“Dan sekali lagi atas nama Pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga Eman-Mokoginta dan  keluarga Purba-Sompotan, saya menyampaikan selamat merayakakan Pertemuan Berkala PAUD se-Keuskupan Manado saat ini. Kiranya Yesus Kristus akan mengiringi perjalanan pelayanan kita sekalian di tengah-tengah keluarga, gereja, masyarakat bangsa dan negara yang tercinta,” pungkasnya.

Turut hadir Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, Pastor Paroki Santo Antonius Padua Taratara, Ketua Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Manado Pastor Revi Tanod Pr, Camat Tomohon Barat Laurensius Kawuwung, Lurah Taratara Satu Jefry Mentang, serta seluruh umat Katolik St. Antonius Padua Taratara dan para peserta.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Soal Rancangan KUA PPAS APBD 2020, ini penjelasan Eman ke DPRD

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon menggelar rapat paripurna, Rabu (18/7/2019).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Miky JL Wenur ini pun mengagendakan mendengarkan penjelasan Wali Kota mengenai rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) APBD dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dalam penjelasannya mengatakan, KUA APBD Kota Tomohon Tahun Anggaran 2020 merupakan dokumen perencanaan anggaran yang digunakan sebagai dasar penyusunan PPAS APBD tahun anggaran 2020.

KUA dan PPAS APBD, kata Eman, merupakan acuan dalam penyusunan rancangan APBD KOTA TOMOHON tahun anggaran 2020. KUA APBD ini disusun dengan mengacu pada dokumen perencanaan pembangunan daerah, yaitu dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2016-2021 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon tahun 2020.

RKPD Kota Tomohon tahun 2020 ini dalam penyusunannya berpedoman pada arah kebijakan dan strategi pembangunan yang digariskan dalam RPJMN 2015-2019.

“RKPD ini juga merupakan penjabaran dari pelaksanaan RPJMD Provinsi Sulawesi Utara dan RPJMD Kota Tomohon tahun 2016-2021, sesuai dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020, yaitu pembangunan sumber daya manusia untuk pembangunan berkualitas,” ujar Eman.

Menurut Eman, berdasarkan sasaran dan prioritas pembangunan RKPD tahun 2020, telah ditetapkan dalam lima prioritas daerah, yaitu peningkatan kualitas SDM, pertumbuhan ekonomi, daya saing dan investasi, sosial budaya dan pariwisata, pengembangan infrastruktur, pemanfaatan sumber daya alam.

“Dalam rancangan KUA serta PPAS APBD tahun anggaran 2020 ini, pada sisi pendapatan diproyeksikan sebesar Rp671.850.581.559. Selanjutnya pada pembiayaan diproyeksikan sebesar Rp23.170.667.511. Dari rencana penerimaan pendapatan daerah dan pembiayaan daerah tahun 2020 sebagaimana telah disampaikan, maka anggaran yang dapat dimanfaatkan untuk belanja daerah tahun 2020 adalah diproyeksikan sebesar Rp695.021.249.070. Rincian belanja daerah pada tahun 2020 terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp294.583.477.008 dan belanja langsung sebesar Rp. 400.437.772.062,” jelasnya.

Turut hadir dalam paripurna tersebut para anggota DPRD Kota Tomohon dan para Asisten Setda Kota Tomohon, Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Lurah se-Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com