Connect with us

ZONA DAERAH

Bawaslu awasi ketat PSU empat TPS di Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemungutan Suara Ulang (PSU) empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tomohon digelar Sabtu (27/4/2019).

PSU di Tomohon tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Tomohon Timur dan Tomohon Barat.

Di mana, untuk Kecamatan Tomohon Timur, dua TPS tersebut, yakni TPS 4 Kelurahan Paslaten Dua, TPS 5 Kelurahan Rurukan.

Sementara di Kecamatan Tomohon Barat, TPS 5 Kelurahan Taratara 3 dan TPS 7 Kelurahan Woloan Dua.

Pantauan Zona Utara di sejumlah TPS, pemungutan suara digelar sejak pukul 07.00 WITA, sebagaimana yang dilaksanakan pada Rabu, (17/4/2019) lalu.

Masyarakat pun tampak antusias menyalurkan kembali hak suara. Seperti di TPS 5 Kelurahan Taratara Tiga.

Hingga pukul 11.30 WITA, sudah sekitar 200-an pemilih yang menggunakan hak pilih mereka.

Begitu pun dengan PSU di TPS 4 Kelurahan Paslaten Dua. Sejak pagi, TPS tersebut terus dipadati pemilih.

Proses PSU di keempat TPS itu pun mendapatkan pengawalan ketat dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon.

Tiga komisioner hingga jajaran Pengawas TPS pun tampak hadir dan memantau langsung proses tersebut.

Di mana, untuk Ketua Bawaslu Tomohon Deisy T Soputan mengawasi langsung di TPS 5 Kelurahan Taratara Tiga dan Anggota Bawaslu Steffen Linu mengawasi di TPS 4 Kelurahan Paslaten Dua.

Soputan saat diwawancarai mengatakan, jumlah TPS yang terbilang sedikit, sehingga setiap komisioner turun dan melakukan pengawasan langsung.

“Kami tiga komisioner berbagi lokasi dan mengawasi secara langsung,” ungkap Soputan.

Menurut dia, pihaknya melakukan sejumlah kegiatan dalam rangka pengawasan pelaksanaan PSU.

“Selain pengawasan langsung, kami juga melakukan patroli pengawasan,” pungkasnya.

Diketahui, empat TPS yang melaksanakan PSU tidak seluruhnya melakukan PSU dengan lima Surat Suara.

Di mana untuk TPS 4 Kelurahan Paslaten Dua dan TPS 5 Kelurahan Taratara 3 melakukan PSU dengan lima Surat Suara.

Sementara, untuk TPS 5 Kelurahan Rurukan dan TPS 7 Kelurahan Woloan Dua hanya melakukan PSU dengan satu Surat Suara, yakni Presiden dan Wakil Presiden.

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Pemerintah Kolongan Satu tingkatkan kualitas Kader Kesehatan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program-program peningkatan kualitas SDM mulai dilakukan jajaran Pemkot Tomohon. Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Di mana, instansi yang dipimpin Kepala Kelurahan (Lurah) Jones A Mait ini menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas para Kader Kesehatan, Rabu (21/8/2019).

Mait mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dari para Kader Kesehatan yang ada di Kelurahan Kolongan Satu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan Kader Kesehatan, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan tanaman obat keluarga (toga) di kelurahan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengapresiasi jajaran Pemkot Tomohon yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang terus memperhatikan kesehatan masyarakat melalui para kader kesehatan yang ada di kelurahan, khususnya yang ada di Kelurahan Kolongan Satu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan (Camat) Tomohon Tengah Edvin MJ Joseph dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM, serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman para kader kesehatan terkait program kesehatan di puskesmas.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Permendagri 13 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon ini.

Joseph pun mengapresiasi pihak kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berharap, para kader kesehatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan dan selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat didampingi Ketua LPM dan Lurah Kolongan Satu secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Kader Kesehatan.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com