Connect with us

ZONA DAERAH

Pemkot luncurkan aplikasi ANLIN di momen HUT ke-1 MPP Wale Kabasaran

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar ibadah syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Mall Pelayanan Publik (MPP) Wale Kabasaran, Selasa (30/4/2019).

Ibadah yang dipimpin oleh Khadim Pdt. Wowor Turang S.Th ini dihadiri oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold V. Lolowang.

Perayaan HUT tersebut pun ditandai dengan peniupan lilin HUT ke-1 MPP.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eman bersama undangan lainnya turut me-launching Aplikasi Antrian Online (ANLIN) dan Wi-fi Gratis di Taman Kabasaran

Eman dalam sambutannya mengatakan,
MPP Kota Tomohon ini merupakan salah satu kebijakan dan komitmen Pemkot Tomohon dalam menindaklanjuti gagasan yang terinspirasi dari program Nawacita Presiden RI Joko Widodo yang berupaya untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan.

Menurut dia, MPP Kota Tomohon adalah yang ke-6 di Indonesia dan yang pertama di Sulawesi.

“Sudah ada 17 instansi yg membuka pelayanan di MPP, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Tenaga Kerja, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Kantor Imigrasi, Kantor Pajak, Kantor Pertanahan, Polres Tomohon, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PT Pos Indonesia, Bank SulutGo, Bank BNI, Samsat, PDAM, Tim Teknis dinas terkait,”ungkapnya.

Untuk sistem Aplikasi Antrian Online atau ANLIN akan membuka akses antrian secara online bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan di MPP.

“Sehingga dengan antrian online ini, maka masyarakat dapat lebih banyak menghemat waktu, hemat biaya serta kenyamanan dapat lebih dirasakan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Pemkot Tomohon, pimpinan Bank SulutGo Cabang Tomohon Rommel Paat, Kepala UPTB Samsat Tomohon Selvie Paat, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Minahasa Andi Enny Tenri Abeng, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Minahasa Ikya Ulumudin.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Soal Rancangan KUA PPAS APBD 2020, ini penjelasan Eman ke DPRD

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon menggelar rapat paripurna, Rabu (18/7/2019).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Miky JL Wenur ini pun mengagendakan mendengarkan penjelasan Wali Kota mengenai rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) APBD dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dalam penjelasannya mengatakan, KUA APBD Kota Tomohon Tahun Anggaran 2020 merupakan dokumen perencanaan anggaran yang digunakan sebagai dasar penyusunan PPAS APBD tahun anggaran 2020.

KUA dan PPAS APBD, kata Eman, merupakan acuan dalam penyusunan rancangan APBD KOTA TOMOHON tahun anggaran 2020. KUA APBD ini disusun dengan mengacu pada dokumen perencanaan pembangunan daerah, yaitu dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2016-2021 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon tahun 2020.

RKPD Kota Tomohon tahun 2020 ini dalam penyusunannya berpedoman pada arah kebijakan dan strategi pembangunan yang digariskan dalam RPJMN 2015-2019.

“RKPD ini juga merupakan penjabaran dari pelaksanaan RPJMD Provinsi Sulawesi Utara dan RPJMD Kota Tomohon tahun 2016-2021, sesuai dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020, yaitu pembangunan sumber daya manusia untuk pembangunan berkualitas,” ujar Eman.

Menurut Eman, berdasarkan sasaran dan prioritas pembangunan RKPD tahun 2020, telah ditetapkan dalam lima prioritas daerah, yaitu peningkatan kualitas SDM, pertumbuhan ekonomi, daya saing dan investasi, sosial budaya dan pariwisata, pengembangan infrastruktur, pemanfaatan sumber daya alam.

“Dalam rancangan KUA serta PPAS APBD tahun anggaran 2020 ini, pada sisi pendapatan diproyeksikan sebesar Rp671.850.581.559. Selanjutnya pada pembiayaan diproyeksikan sebesar Rp23.170.667.511. Dari rencana penerimaan pendapatan daerah dan pembiayaan daerah tahun 2020 sebagaimana telah disampaikan, maka anggaran yang dapat dimanfaatkan untuk belanja daerah tahun 2020 adalah diproyeksikan sebesar Rp695.021.249.070. Rincian belanja daerah pada tahun 2020 terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp294.583.477.008 dan belanja langsung sebesar Rp. 400.437.772.062,” jelasnya.

Turut hadir dalam paripurna tersebut para anggota DPRD Kota Tomohon dan para Asisten Setda Kota Tomohon, Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Lurah se-Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com