Connect with us

ZONA DAERAH

Mahasiswa KKT Unsrat fasilitasi pembuatan website kelurahan di Tomohon

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Kuliah Kerja Terpadu (KKT) dari para mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado di Kota Tomohon akhirnya berakhir, Jumat (3/5/2019).

Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold Lolowang melepas para mahasiswa KKT Unsrat Angkatan ke-120 ini.

Kegiatan penarikan mahasiswa tersebut dilaksanakan di Anugerah Hall Tomohon, dan ditandai dengan pemukulan tetengkoren dan penyerahan bendera Unsrat oleh Lolowang kepada pihak Universitas.

Dalam kesempatan itu pun, Lolowang turut me-launching Website Kelurahan yang merupakan program Mahasiswa KKT.

Diketahui, total mahasiswa yang melaksanakan KKT di Kota Tomohon sebanyak 437 orang, yang dibagi dalam empat kecamatan terdiri dari Tomohon Utara 124 orang, Tomohon Timur 61 orang, Tomohon Selatan 152 orang, Tomohon Barat 100 orang.

Kepala Pusat KKT Unsrat selaku Ketua Panitia KKT Rignolda Jamaludin menjelaskan, peserta KKT melakukan tugas di Kota Tomohon selama 23 hari.

Pihaknya, kata dia, berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon yang turut memfasilitasi akan kegiatan KKT.

Dia menjelaskan, salah satu program kegiatan KKT Unsrat adalah pembuatan Website Kelurahan.

Menurut dia, website ini sangat penting, berfungsi untuk pengurusan pelayanan administrasi masyarakat kelurahan, untuk mempublikasikan berbagai berita kelurahan termasuk potensi-potensi yang ada di kelurahan.

Dengan metode secara online dapat memudahkan pengurusan berbagai arministrasi, demikian juga berbagai potensi kelurahan yang ditampilkan lewat website kelurahan, akan dapat dilihat, diakses semua orang secara online dimanapun berada.

Sementara itu, Arie Lumenta selaku Koordinator IT KKT menambahkan, melalui data penduduk kelurahan sebagai acuan, akan sangat memudahkan dalam pengurusan administrasi.

“Di samping itu, informasi kelurahan akan lebih mudah diketahui melalui website masing-masing kelurahan,” jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, untuk 35 kelurahan di Kota Tomohon, websitenya sudah aktif atau online dan sudah ditangani langsung oleh pegawai kelurahan.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman dalam sambutannya yang dibacakan Sekkot Lolowang mengatakan, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengucapkan terima kasih kepada pihak Unsrat Manado yang telah mempercayakan Kota Tomohon sebagai tempat pelaksanaan KKT tahun 2019.

Terlebih, kata dia, telah melakukan suatu terobosan baik, yakni program website kelurahan yang tentu sangat memudahkan kaitan pengelolaan administrasi kelurahan, sekaligus telah melakukan pelatihan kepada jajaran kelurahan yang tentu menambah nilai positif di Pemkot Tomohon.

“Kepada para mahasiswa bahkan pihak Universitas, kami ucapkan selamat dan sukses, Tuhan Yang Maha Kuasa akan memberkati tugas kerja kita sekalian,” pungkasnya.

Editor : Christo Senduk

ZONA DAERAH

Dikbud Tomohon kembangkan kurikulum PAUD

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Dikbud) mulai mengembangkan kurikulum, bahan ajar dan model pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Hal tersebut pun akan berlangsung sejak Rabu hingga Jumat (10-12/7/2019), di AAB Guest House Matani.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman melalui Asisten Kesejahteraan Rakyat O D S Mandagi saat menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, kurikulum merupakan seperangkat rencana dan sebuah pengaturan berkaitan dengan tujuan, isi, bahan ajar dan cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Tujuannya, kata dia, untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan nasional  berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 20 tahun 2003.

“Guru harus memahami hal yang sangat mendasar dari kurikulum dan pengembangannya. Sehingga, guru mempunyai tanggung jawab terhadap tercapainya tujuan kurikulum. Guru juga harus mengembangkan bahan ajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Kota Tomohon Juliana Dolvien Karwur mengatakan, tujuan kurikulum anak usia dini di Indonesia adalah membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan, ketrampilan dan kreatifitas yang diperlukan oleh anak untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan pada tahapan berikutnya.

Editor : Christo Senduk

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com