Connect with us

Wisata dan Perjalanan

Jika jenuh, cobalah ke Tumpa

Datanglah subuh dan jumpailah sunrise. Datanglah sore untuk meyaksikan sunset

Bagikan !

Published

on

Pemandangan dari salah satu sisi Gunung Tumpa. (Foto: zonautara.com/Ronny Adolof Buol)

ZONAUTARA.com – Tak jauh dari keriuhan kota Manado. Tumpa menawarkan ketenangan. Setidaknya memandangi lansekap dari sini, ada rasa lapang yang menyeruak.

Sebabnya Tumpa berada di ketinggian 750 meter diatas permukaan laut. Berdiri di salah satu titiknya, pemandangan laut, pulau, pesisir pantai, kepadatan pemukiman, pohon, langit dan awan berkombinasi menyajikan keindahan.

Dari pusat Kota Manado, cukup berkendara sekitar 30 menit untuk mencapai Tumpa. Hati-hati. Jalanannya menanjak. Di beberapa tikungan cukup ekstrim.

Berdirilah di sisi Utara, pulau Bunaken, Manado Tua, Siladen dan sekitarnya tersaji memesona mata. Gelarlah tikar dan bernyanyilah bersama kerabat, niscaya galau terhalau.

Saya sering datang ke Tumpa. Kompor portable ikut saya bawa. Memanaskan air lalu membuat kopi. Ditemani suara burung, bayu, serangga, saya sering menghabiskan waktu dengan membaca.

Jika mau, di Tumpa anda bisa bertenda. Menatapi ribuan hiasan bintang di langit malam, sementara di kejauhan kerla-kerlip lampu kota.

Tumpa sejatinya adalah kawasan hutan lindung. Orang menyebutnya Gunung Tumpa. Berada dalam wilayah administratif Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken.

Disini, anda bisa datang subuh menyaksikan sunrise dan juga datang sore untuk meyaksikan sunset. Sesekali, pemandangan atlit paralalayang juga berseliweran di udara Tumpa.

Indah bukan? tak perlu keluar biaya besar. Bersegeralah.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi

Wisata dan Perjalanan

Anda sering mendaki? Jangan lakukan 5 kesalahan ini

Jangan asal mendaki, pahami apa yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi: Pixabay.com

ZONAUTARA.COM – Saat ini mendaki gunung tak sekedar petualangan, tetapi sudah menjadi gaya hidup terutama bagi millenial yang menyukai alam.

Namun banyak yang mendaki gunung hanya sekedar ingin terlihat kekinian, dan tak paham apa yang seharusnya dipersiapkan.

Reporter kami sekaligus petualang Suhandri Lariwu, membuat konten video soal lima kesalahan yang sering dilakukan para pendaki. Simak penjelasannya dalam video di bawah ini:

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com