bar-merah

Jika jenuh, cobalah ke Tumpa

ZONAUTARA.com – Tak jauh dari keriuhan kota Manado. Tumpa menawarkan ketenangan. Setidaknya memandangi lansekap dari sini, ada rasa lapang yang menyeruak.

Sebabnya Tumpa berada di ketinggian 750 meter diatas permukaan laut. Berdiri di salah satu titiknya, pemandangan laut, pulau, pesisir pantai, kepadatan pemukiman, pohon, langit dan awan berkombinasi menyajikan keindahan.

Dari pusat Kota Manado, cukup berkendara sekitar 30 menit untuk mencapai Tumpa. Hati-hati. Jalanannya menanjak. Di beberapa tikungan cukup ekstrim.

Berdirilah di sisi Utara, pulau Bunaken, Manado Tua, Siladen dan sekitarnya tersaji memesona mata. Gelarlah tikar dan bernyanyilah bersama kerabat, niscaya galau terhalau.

Saya sering datang ke Tumpa. Kompor portable ikut saya bawa. Memanaskan air lalu membuat kopi. Ditemani suara burung, bayu, serangga, saya sering menghabiskan waktu dengan membaca.

Jika mau, di Tumpa anda bisa bertenda. Menatapi ribuan hiasan bintang di langit malam, sementara di kejauhan kerla-kerlip lampu kota.

Tumpa sejatinya adalah kawasan hutan lindung. Orang menyebutnya Gunung Tumpa. Berada dalam wilayah administratif Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken.

Disini, anda bisa datang subuh menyaksikan sunrise dan juga datang sore untuk meyaksikan sunset. Sesekali, pemandangan atlit paralalayang juga berseliweran di udara Tumpa.

Indah bukan? tak perlu keluar biaya besar. Bersegeralah.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com