Connect with us

ZONA DAERAH

Eman terima penghargaan Pembangunan Daerah di Musrenbangnas 2019

Published

on

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menerima Penghargaan Pembangunan Daerah 2019 dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, di sela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Murenbangnas), di Shangri-La Hotel Jakarta, Kamis (9/5/2019)

Diketahui, Kota Tomohon masuk dalam 12 besar kategori penyusunan perencanaan terbaik se-Indonesia. Tomohon pun juga mejadi jawara di Sulawesi Utara (Sulut) dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Kegiatan Musrenbangnas tersebut dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan turut dihadiri sejumlah pimpinan lembaga negara, di antaranya Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang, serta para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia.

Menteri/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, Musrenbangnas 2019 merupakan momentum penting karena dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 yang merupakan pelaksanaan tahun pertama Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dengan agenda utama meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing.

“Pada 2024, pertumbuhan ditargetkan rata-rata 5,4% sampai 6% per tahun,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, selain memberikan arahan dalam pembukaan Musrenbangnas 2019, Presiden Jokowi juga meluncurkan visi 2045 menyambut 100 tahun Indonesia Merdeka. Di antaranya, menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

Tahun 2045, Jokowi menyebut Indonesia akan menjadi negara dengan pendapatan besar yang maju. Dalam pidatonya, Presiden juga menyinggung soal reformasi birokrasi.

Turut mendampingi Wali Kota Eman dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Tomohon Royke Roeroe, serta Kabag Humas dan Protokol John S Kapoh.

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Pemerintah Kolongan Satu tingkatkan kualitas Kader Kesehatan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program-program peningkatan kualitas SDM mulai dilakukan jajaran Pemkot Tomohon. Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Di mana, instansi yang dipimpin Kepala Kelurahan (Lurah) Jones A Mait ini menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas para Kader Kesehatan, Rabu (21/8/2019).

Mait mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dari para Kader Kesehatan yang ada di Kelurahan Kolongan Satu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan Kader Kesehatan, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan tanaman obat keluarga (toga) di kelurahan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengapresiasi jajaran Pemkot Tomohon yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang terus memperhatikan kesehatan masyarakat melalui para kader kesehatan yang ada di kelurahan, khususnya yang ada di Kelurahan Kolongan Satu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan (Camat) Tomohon Tengah Edvin MJ Joseph dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM, serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman para kader kesehatan terkait program kesehatan di puskesmas.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Permendagri 13 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon ini.

Joseph pun mengapresiasi pihak kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berharap, para kader kesehatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan dan selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat didampingi Ketua LPM dan Lurah Kolongan Satu secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Kader Kesehatan.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com