Connect with us

ZONA DAERAH

Eman terima penghargaan Pembangunan Daerah di Musrenbangnas 2019

Published

on

JAKARTA, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menerima Penghargaan Pembangunan Daerah 2019 dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, di sela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Murenbangnas), di Shangri-La Hotel Jakarta, Kamis (9/5/2019)

Diketahui, Kota Tomohon masuk dalam 12 besar kategori penyusunan perencanaan terbaik se-Indonesia. Tomohon pun juga mejadi jawara di Sulawesi Utara (Sulut) dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Kegiatan Musrenbangnas tersebut dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan turut dihadiri sejumlah pimpinan lembaga negara, di antaranya Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang, serta para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia.

Menteri/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, Musrenbangnas 2019 merupakan momentum penting karena dilaksanakan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 yang merupakan pelaksanaan tahun pertama Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dengan agenda utama meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing.

“Pada 2024, pertumbuhan ditargetkan rata-rata 5,4% sampai 6% per tahun,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, selain memberikan arahan dalam pembukaan Musrenbangnas 2019, Presiden Jokowi juga meluncurkan visi 2045 menyambut 100 tahun Indonesia Merdeka. Di antaranya, menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

Tahun 2045, Jokowi menyebut Indonesia akan menjadi negara dengan pendapatan besar yang maju. Dalam pidatonya, Presiden juga menyinggung soal reformasi birokrasi.

Turut mendampingi Wali Kota Eman dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Tomohon Royke Roeroe, serta Kabag Humas dan Protokol John S Kapoh.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Wakil Rakyat

Ranperda yang hambat birokrasi bakal dipending masuk Prolegda 2020

DPRD Sulut akan melibatkan tenaga ahli dalam pembahasan Ranperda.

Bagikan !

Published

on

Manado, ZONAUTARA.com- Usulan-usulan rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang akan masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2020 dibahas oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Pimpinan DPRD Sulawesi Utara.

Menurut Wakil Ketua DPRD Sulut Billy Lombok SH, pertemuan tersebut merupakan bukti komitmen DPRD Sulut untuk menyelaraskan pendapat tentang apa yang dibutuhkan masyarakat, dan persoalan apa yang menjadi bagian fungsi legislasi dari dewan.

“Jadi misalnya apa yang menjadi pekerjaan rumah di periode lalu, kita sudah komit untuk menuntaskan di periode saat ini,” ungkap Lombok kepada wartawan.

Akan tetapi, kata legislator Partai Demokrat itu, ranperda-ranperda yang menghambat birokrasi akan dipending oleh pihaknya.

“Atau kita tidak akan laksanakan. Tentu sesuai dengan apa yang menjadi bagian dari kebutuhan birokrasi. Kita sesuaikan dengan amanat presiden, apa yang bisa dipermudah, tidak dipersulit,” terang dia lagi.

Hal-hal yang harus menjadi landasan hukum, tambah Lombok akan diatur, karena itu sebagian dari landasan hukum pemerintah. Karena menurut dia, ada banyak sekali turunan Undang-undang yang wajib dijadikan Perda, tapi belum dilaksanakan.

”Seperti contoh, Perda Pendidikan, Perda Kesejahteraan Sosial, dan Perda-perda lain yang nanti akan dilaksanakan,” tandas Lombok lagi.

“Juga ada Perda tentang Pohon, Perda Minuman Keras yang tentu berhubungan dengan masyarakat. Nah, itu akan kita lihat penetrasinya ke arah mana. Akan kita bicarakan kedepan,” tambah Lombok, yang juga berharap DPRD akan didampingi Tim Ahli agar dapat memproduksi Perda yang berkualitas. (K-02)

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

Baca Juga

<

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com