Connect with us

ZONA DAERAH

Pelaku coblos dua kali resmi jadi tersangka

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Setelah resmi masuk ke meja penyidik Kepolisian Resor (Polres) Tomohon, kasus dugaan pelanggaran pidana Pemilihan Umum (Pemilu) akhirnya resmi miliki tersangka.

Terlapor yang diduga melakukan pencoblosan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda, yakni LSW alias Lucky, akhirnya resmi berstatus tersangka.

Hal tersebut menyusul proses penyidikan yang dilakukan Polres Tomohon setelah menerima laporan dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Tomohon, Kamis (9/5/2019).

“Sudah (tetapkan tersangka),” ujar Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tomohon AKP Ikhwan Syukri yang juga salah satu Koordinator di Sentra Gakkumdu Tomohon kepada Zona Utara, Jumat (10/5/2019) malam.

Menurut dia, tersangka disangkakan dengan Pasal 516 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017, dengan ancaman penjara paling lama 18 bulan dan denda paling banyak Rp18 juta.

Diketahui, kasus dugaan pelanggaran pidana Pemilu tersebut terjadi pada Pemilu Serentak Rabu (17/4/2019).

Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tomohon Steffen S Linu saat menggelar konferensi pers bersama personel Sentra Gakkumdu menjelaskan, tersangka diduga melakukan pencoblosan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda, yakni di TPS 4 Kelurahan Woloan Tiga dan TPS 6 Kelurahan Woloan Satu.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan tersangka setelah mendapatkan dua surat pemberitahuan atau C6.

Kasus itu, lanjut dia, terungkap saat pelaku memberitahukan bahwa dirinya telah melakukan pencoblosan sebanyak dua kali kepada orang lain.

Perbuatan tersangka itu pun kemudian dilaporkan ke Bawaslu dan diproses lanjut  di Sentra Gakkumdu Tomohon yang terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

25 Anggota PPK se-Kota Tomohon untuk Pilkada 2020 resmi dilantik

Published

on

Ketua KPU Tomohon saat melantik para anggota PPK. (Foto: zonautara.com)

TOMOHON, ZONAUTARA.comSetelah melalui sejumlah tahapan seleksi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon akhirnya menetapkan 25 nama yang lulus menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ke-25 anggota PPK untuk lima Kecamatan se-Kota Tomohon ini pun resmi dilantik oleh Ketua KPU Kota Tomohon, Harryanto Lasut, dalam acara pelantikan yang digelar di Villa Emita Hotel Kakaskasen, Sabtu (29/2/2020).

“Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, saya melantik saudara-saudara sebagai Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon,” ujar Lasut saat melantik para anggota PPK.

Menurut dia, para anggota PPK ini akan melakukan tugas yang menjadi tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Saudara-saudara akan mengawal tahapan pelaksanaan Pilkada, dari Tinoor sampai Lahendong dan dari Taratara sampai Kumelembuai, sehingga kita dapat melahirkan pemimpin ke depan, baik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon,” kata Lasut.

Lasut pun mengucapkan selamat kepada para anggota PPK yang telah dilantik.

“Banyak selamat dan semoga Tuhan memberkati kita sekalian dan Tuhan memberkati Kota Tomohon,” pungkasnya.

Pelantikan Anggota PPK tersebut pun turut dipantau oleh Anggota Bawaslu Kota Tomohon.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Erens Kereh, perwakilan Dandim 1302/Minahasa, perwakilan Kejari Tomohon, serta empat Komisioner KPU, masing-masing Stenly Kowaas, Robby Golioth, Jacobus Wowor dan Albertien Vierna Pijoh.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com