Connect with us

ZONA DAERAH

Pelaku coblos dua kali resmi jadi tersangka

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Setelah resmi masuk ke meja penyidik Kepolisian Resor (Polres) Tomohon, kasus dugaan pelanggaran pidana Pemilihan Umum (Pemilu) akhirnya resmi miliki tersangka.

Terlapor yang diduga melakukan pencoblosan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda, yakni LSW alias Lucky, akhirnya resmi berstatus tersangka.

Hal tersebut menyusul proses penyidikan yang dilakukan Polres Tomohon setelah menerima laporan dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Tomohon, Kamis (9/5/2019).

“Sudah (tetapkan tersangka),” ujar Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tomohon AKP Ikhwan Syukri yang juga salah satu Koordinator di Sentra Gakkumdu Tomohon kepada Zona Utara, Jumat (10/5/2019) malam.

Menurut dia, tersangka disangkakan dengan Pasal 516 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017, dengan ancaman penjara paling lama 18 bulan dan denda paling banyak Rp18 juta.

Diketahui, kasus dugaan pelanggaran pidana Pemilu tersebut terjadi pada Pemilu Serentak Rabu (17/4/2019).

Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tomohon Steffen S Linu saat menggelar konferensi pers bersama personel Sentra Gakkumdu menjelaskan, tersangka diduga melakukan pencoblosan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda, yakni di TPS 4 Kelurahan Woloan Tiga dan TPS 6 Kelurahan Woloan Satu.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan tersangka setelah mendapatkan dua surat pemberitahuan atau C6.

Kasus itu, lanjut dia, terungkap saat pelaku memberitahukan bahwa dirinya telah melakukan pencoblosan sebanyak dua kali kepada orang lain.

Perbuatan tersangka itu pun kemudian dilaporkan ke Bawaslu dan diproses lanjut  di Sentra Gakkumdu Tomohon yang terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

ZONA DAERAH

URC Totosik amankan pelaku penganiayaan di Kakaskasen

Published

on

Tim URC Totosik saat berada di TKP. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeristiwa penganiayaan kembali terjadi di Kota Tomohon, Minggu (13/10/2019) dini hari.

Pelakunya, JL alias Bless (39), warga Lingkungan IV, Kelurahan Kakaskasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara.

Sementara, korbannya lelaki Riano Paat (22), warga Lingkungan VI, Kelurahan Kakaskasen Dua.

Peristiwa penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Kalutay, Lingkungan IV, Kelurahan Kakaskasen.

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Tomohon Utara. (Foto: Istimewa)

Tim URC Totosik Polres yang mendapat informasi adanya kejadian itu langsung menuju ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Komandan Tim (Katim) URC Totosik Bripka Yanny Watung menjelaskan, berdasarkan pengumpulan keterangan di TKP, peristiwa itu terjadi di sela-sela pesta pernikahan yang berlangsung di wilayah tersebut.

Menurut Watung, pelaku yang merupakan penyedia sewa sound system di perayaan pesta pernikahan, sekitar pukul 01.20 WITA, hendak mematikan sound system karena sudah larut.

“Pelaku ditegur salah satu pria yang sudah mabuk hingga terjadi adu mulut. Ketika terjadi adu mulut, datang korban yang bermaksud melerai. Tanpa sebab yang jelas pelaku langsung memukul wajah korban beberapa kali,” tutur Watung.

Akibatnya, kata Watung, korban mengalami pecah bibir dan hidung mengeluarkan darah.

“Pelaku sudah kami amankan ke Mapolsek Tomohon Utara,” ungkap Watung.

Sementara itu, Kapolres Tomohon AKBP Raswin B Sirait melalui Kapolsek Tomohon Utara AKP Ronny Rondonuwu membenarkan peristiwa tersebut.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com