Connect with us

ZONA DAERAH

Pelaku coblos dua kali resmi jadi tersangka

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Setelah resmi masuk ke meja penyidik Kepolisian Resor (Polres) Tomohon, kasus dugaan pelanggaran pidana Pemilihan Umum (Pemilu) akhirnya resmi miliki tersangka.

Terlapor yang diduga melakukan pencoblosan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda, yakni LSW alias Lucky, akhirnya resmi berstatus tersangka.

Hal tersebut menyusul proses penyidikan yang dilakukan Polres Tomohon setelah menerima laporan dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Tomohon, Kamis (9/5/2019).

“Sudah (tetapkan tersangka),” ujar Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tomohon AKP Ikhwan Syukri yang juga salah satu Koordinator di Sentra Gakkumdu Tomohon kepada Zona Utara, Jumat (10/5/2019) malam.

Menurut dia, tersangka disangkakan dengan Pasal 516 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017, dengan ancaman penjara paling lama 18 bulan dan denda paling banyak Rp18 juta.

Diketahui, kasus dugaan pelanggaran pidana Pemilu tersebut terjadi pada Pemilu Serentak Rabu (17/4/2019).

Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tomohon Steffen S Linu saat menggelar konferensi pers bersama personel Sentra Gakkumdu menjelaskan, tersangka diduga melakukan pencoblosan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda, yakni di TPS 4 Kelurahan Woloan Tiga dan TPS 6 Kelurahan Woloan Satu.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan tersangka setelah mendapatkan dua surat pemberitahuan atau C6.

Kasus itu, lanjut dia, terungkap saat pelaku memberitahukan bahwa dirinya telah melakukan pencoblosan sebanyak dua kali kepada orang lain.

Perbuatan tersangka itu pun kemudian dilaporkan ke Bawaslu dan diproses lanjut  di Sentra Gakkumdu Tomohon yang terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Editor : Christo Senduk




ZONA DAERAH

Pemerintah Kolongan Satu tingkatkan kualitas Kader Kesehatan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPeningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Program-program peningkatan kualitas SDM mulai dilakukan jajaran Pemkot Tomohon. Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Di mana, instansi yang dipimpin Kepala Kelurahan (Lurah) Jones A Mait ini menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas para Kader Kesehatan, Rabu (21/8/2019).

Mait mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan SDM dari para Kader Kesehatan yang ada di Kelurahan Kolongan Satu.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan Kader Kesehatan, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan tanaman obat keluarga (toga) di kelurahan,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kolongan Satu Welly Wenur yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengapresiasi jajaran Pemkot Tomohon yang peduli dengan kesehatan masyarakat.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang terus memperhatikan kesehatan masyarakat melalui para kader kesehatan yang ada di kelurahan, khususnya yang ada di Kelurahan Kolongan Satu ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan (Camat) Tomohon Tengah Edvin MJ Joseph dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan SDM, serta mengembangkan pengetahuan dan pemahaman para kader kesehatan terkait program kesehatan di puskesmas.

“Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Permendagri 13 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat,” ujar mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Tomohon ini.

Joseph pun mengapresiasi pihak kelurahan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami berharap, para kader kesehatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan dan selanjutnya bisa disampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat didampingi Ketua LPM dan Lurah Kolongan Satu secara simbolis menyematkan tanda peserta kepada perwakilan Kader Kesehatan.

Editor : Christo Senduk




Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com