Connect with us

ZONA DAERAH

Tersangka kasus coblos dua kali diserahkan ke Kejari

Published

on

Tersangka (paling kanan) saat menjalani proses tahap II di Kejari Tomohon. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kepolisian Resor (Polres) Tomohon resmi menyerahkan berkas bersama tersangka dan barang bukti kasus dugaan pelanggaran pidana Pemilihan Umum (Pemilu) pencoblosan dua kali, ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon, Rabu (15/5/2019).

Penyerahan berkas bersama tersangka tersebut dilakukan langsung Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tomohon AKP Ikhwan Syukri bersama personel Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Tomohon.

Pantauan Zona Utara, tersangka hadir di kantor Kejari Tomohon sekitar pukul 13.30 WITA dengan pengawalan petugas kepolisian dan personel Sentra Gakkumdu Tomohon.

Tersangka pun menjalani proses administrasi di ruangan Seksi Tindak Pidana Umum (Pidum) dan diperiksa langsung Kepala Seksi (Kasi) Dian Subdiana.

“Setelah berkas kami nyatakan lengkap atau P21, hari ini kita tahap II dari Polisi,” ujar Subdiana didampingi Jaksa Dian Andrianto.

Menurut dia, pihaknya akan segera melimpahkan berkas perkara tersebut ke Pengadilan Negeri (PN) Tondano.

“Rencananya besok (Kamis) kita limpahkan berkas ke Pengadilan Negeri Tondano, setelah itu kita tunggu penetapan Hakim dan jadwal sidang,” pungkasnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini, tersangka sudah berlaku kooperatif dan mengakui perbuatannya telah melakukan pencoblosan sebanyak dua kali di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

Resmi dimasukkan ke KPU, RoSe klaim kantongi 7.692 dukungan warga Tomohon

Published

on

Bapaslon perseorangan RoSe saat menyerahkan syarat dukungan kepada KPU Tomohon. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.comBakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan Robert Pelealu dan Sello Fransiskus HA Soekirno resmi memasukan syarat dukungan untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020.

Pasangan berjuluk RoSe ini pun mengklaim telah mengantongi sebanyak 7.962 dukungan, berupa formulir yang ditandatangani oleh pendukung, disertai KTP Elektronik.

Pantauan Zona Utara, syarat dukungan dari pasangan yang berlatarbelakang Jaksa dan TNI ini menyerahkan secara langsung kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon Harryanto Lasut yang didampingi empat komisioner lainnya, masing-masing Stenly Kowaas, Robby Golioth, Jacobus Wowor dan Albertien Pijoh.

Usai dimasukkan, KPU pun langsung melakukan verifikasi apakah syarat dukungan yang dimasukkan tersebut telah sesuai dengan jumlah minimal yang ditetapkan KPU, yakni sebanyak 7.097 dukungan dan tersebar di tiga kecamatan.

Tak hanya fisik, syarat dukungan dari bapaslon perseorangan tersebut pun telah dimasukkan ke Sistem Informasi Calon (Silon) milik KPU.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com