Connect with us

POJOK RONNY

Presiden kita bersama

Bukan hanya Presiden bagi 85,6 juta suara sah yang memilih pasangan Jokowi-Amin, tetapi Presiden dan Wakil Presiden bagi 265 juta rakyat Indonesia.

Published

on

Foto: Pexels.com

Sah!. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan: Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilres) 2019. Mereka berdua akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Bukan hanya Presiden bagi 85.607.362 suara sah yang memilih pasangan Jokowi-Amin, tetapi Presiden dan Wakil Presiden bagi 265 juta rakyat Indonesia.

Tentu juga Presiden dan Wakil Presiden bagi 68.650.239 suara sah yang memilih pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Seluruh tahapan Pemilu 2019 hingga KPU menetapkan hasilnya pada Selasa (21/5/2019) dinihari tadi, tentu sudah dilaksanakan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Ini adalah proses demokrasi untuk menegakkan kedaulatan rakyat sebagaimana yang diamanatkan konstitusi. Ini adalah cita-cita pendiri bangsa, para pejuang, pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka.

Demokrasi sejatinya adalah dari rakyat dan untuk rakyat. Demokrasi jangan dimaknai sebagai pertarungan merebut kekuasaan. Demokrasi adalah jalan damai memilih pemimpin bangsa.

Kita sama-sama telah sepakat meletakkan proses demokrasi itu dalam sistem Pemilu. Kita semua berperan didalamnya sesuai posisi kita masing-masing.

Kalah menang dalam sebuah Pemilu harus dimaknai sebagai bagian dari demokrasi yang bertujuan melanggengkan eksistensi kehidupan bernegara. Jalan itu sudah kita tempuh sama-sama dengan memberikan hak suara.

Pemilu 2019 memang diwarnai dengan sejumlah catatan ketidakberesan penyelenggara. Catatan-catatan itu mesti dievaluasi lalu diperbaiki agar sistem Pemilu kita semakin baik.

Tetapi melegitamasi hasil Pemilu hanya karena ketidakberesan itu adalah tindakan yang kurang bijak. Undang-undang telah menyediakan sarana untuk menggugat hasil Pemilu melalui mekanisme hukum. Semestinya mekanisme ini diambil oleh pihak yang tidak puas dengan hasil dan kinerja penyelenggara Pemilu.

Menggelar unjuk rasa sah-sah saja, karena itu juga dijamin konstitusi. Tetapi jika unjuk rasa dan protes itu dimaksud untuk menggagalkan proses demokrasi yang sudah berjalan dengan damai, tentu itu tidak bisa dibenarkan.

Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih adalah milik kita semua. Kali ini Jokowi-Amin yang terpilih. Mari kita hormati bersama.

Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: #TangkapPRABOWO menjadi treding pagi ini -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

POJOK RONNY

Ayo kerja lagi layani masyarakat

Sanksi menanti jika masih menambah libur.

Published

on

pixabay.com

Libur panjan bagi aparatur sipil negara (ASN), baik itu pegawai negeri sipil maupun tenaga kontrak sudah berakhir. Hari ini harus masuk kerja lagi. Tidak ada alasan.

Sudah cukup libur yang diberikan pemerintah. Seminggu lamanya. Dan selama itu pula pelayanan kepada masyarakat terbatas. Kini pelayanan itu harus kembali normal.

Tidak ada alasan apapun untuk menambah libur dan tidak masuk kantor. Tentu pengecualian bagi yang berhalangan berat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah mewanti-wanti. Bagi ASN yang tidak masuk kantor hari ini, ada sanksi yang menanti.

Sanksi itu mulai dari ringan hingga sanksi berat yang berujung pemecatan. Sebagai pegawai yang menerima gaji dari negara, sudah barang tentu sanksi itu harus dihindari. Caranya, ya masuk kerja.

Sebagai pelayan masyarakat, ASN harus sungguh-sungguh mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya. Tujuannya agar aktifitas dan kepentingan masyarakat terlayani.

Begitu pula, kedisplinan ASN akan menjamin jalannya birokrasi pemerintahan bekerja secara optimal.

Gaji yang diterima oleh ASN itu dibayarkan dari pajak masyarakat. Oleh karena itu, wajar pula jika masyarakat ikut mengawasi agar ASN tidak lagi menambah libur.

Ayo bekerja.

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com