bar-merah

Pelita Tomohon buka puasa bersama umat muslim di Kampung Jawa

TOMOHON, ZONAUTARA.comUpaya untuk melestarikan perdamaian dan kerukunan di Kota Religius terus dilakukan Forum Pemuda Lintas Agama (Pelita) Kota Tomohon.

Jumat (31/5/2019), organisasi yang beranggotakan para pemuda lintas iman di Kota Tomohon ini pun melakukan buka puasa bersama umat muslim di Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tomohon Selatan.

Ketua Forum Pelita Kota Tomohon Toar Pangkey ST, MT mengatakan, buka puasa bersama ini merupakan bentuk solidaritas bersama umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Kerukunan ini harus dijaga. Salah satunya melalui buka puasa bersama umat muslim di Kota Tomohon, khususnya yang ada di Masjid Nurul Iman Kelurahan Kampung Jawa ini,” ujarnya.

Pangkey pun menjelaskan, Forum Pelita merupakan wadah berkumpulnya para pemuda lintas iman yang ada di Kota Tomohon, yang dibentuk oleh para pemuda-pemuda yang peduli terhadap kondisi bangsa.

“Kami meminta dukungan dalam pelaksanaan program Forum Pelita dan juga mendukung program-program dari Pemerintah Kota Tomohon, khususnya dalam menjaga kerukunan dan perdamaian di Kota Religius ini,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Ir Harold V Lolowang M.Sc, M.Th yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengaku berbangga dan berbahagia bisa hadir untuk berbuka puasa bersama umat muslim di Kampung Jawa yang diprakarsai oleh Forum Pelita Kota Tomohon.

Dia mengatakan, dalam upaya menjaga toleransi, ada tiga pilar yang harus diperhatikan.

Yang pertama, kata Lolowang, yakni kerukunan dalam agama itu sendiri. Kemudian, kerukunan antaragama dan yang ketiga kerukunan agama dengan pemerintah

“Jika tiga pilar ini terjadi, maka daerah itu dikatakan memiliki toleransi agama yang luar biasa dan Tomohon sudah memiliki itu,” ujar Lolowang.

Apalagi, kata Lolowang, dengan adanya Forum Pelita yang diprakarsai oleh semua pemuda dari seluruh agama yang ada di Kota Tomohon.

“Kita berbangga beberapa waktu lalu Tomohon bisa menjadi Kota Harmoni dan Kota Toleran. Kita bangga, ini terjadi oleh karena kita memiliki toleransi antaragama yang luar biasa indah dan memiliki hubungan yang erat sekali, jadi ini merupakan satu hal yang berbahagia.

Perbedaan itu, lanjut Lolowang, adalah untuk menjadi serba-serbi yang indah,” pungkasnya.

Ketua Badan Takmir Masjid (BTM) Nurul Iman Agus Salim Saleh S.Pd mengatakan, momen kebersamaan saat ini merupakan kebanggaan bagi sesama umat beragama.

“Itu penting bagi kita mengimplementasikan hubungan antar sesame umat beragama. Silahturahmi kita mantapkan melalui buka puasa bersama ini,” ungkapnya.

Dia pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas perhatian, serta bantuan dari Forum Pelita dan juga Pemerintah Kota Tomohon tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Satu Setda Kota Tomohon Drs ODS Mandagi, jajaran Forum Pelita Kota Tomohon, pengurus BTM Nurul Iman Kampung Jawa, serta para pemuda dan remaja masjid.

Editor : Christo Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com