Connect with us

ZONA DAERAH

Pelita Tomohon buka puasa bersama umat muslim di Kampung Jawa

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comUpaya untuk melestarikan perdamaian dan kerukunan di Kota Religius terus dilakukan Forum Pemuda Lintas Agama (Pelita) Kota Tomohon.

Jumat (31/5/2019), organisasi yang beranggotakan para pemuda lintas iman di Kota Tomohon ini pun melakukan buka puasa bersama umat muslim di Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tomohon Selatan.

Ketua Forum Pelita Kota Tomohon Toar Pangkey ST, MT mengatakan, buka puasa bersama ini merupakan bentuk solidaritas bersama umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Kerukunan ini harus dijaga. Salah satunya melalui buka puasa bersama umat muslim di Kota Tomohon, khususnya yang ada di Masjid Nurul Iman Kelurahan Kampung Jawa ini,” ujarnya.

Pangkey pun menjelaskan, Forum Pelita merupakan wadah berkumpulnya para pemuda lintas iman yang ada di Kota Tomohon, yang dibentuk oleh para pemuda-pemuda yang peduli terhadap kondisi bangsa.

“Kami meminta dukungan dalam pelaksanaan program Forum Pelita dan juga mendukung program-program dari Pemerintah Kota Tomohon, khususnya dalam menjaga kerukunan dan perdamaian di Kota Religius ini,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Ir Harold V Lolowang M.Sc, M.Th yang turut hadir dalam kesempatan itu pun mengaku berbangga dan berbahagia bisa hadir untuk berbuka puasa bersama umat muslim di Kampung Jawa yang diprakarsai oleh Forum Pelita Kota Tomohon.

Dia mengatakan, dalam upaya menjaga toleransi, ada tiga pilar yang harus diperhatikan.

Yang pertama, kata Lolowang, yakni kerukunan dalam agama itu sendiri. Kemudian, kerukunan antaragama dan yang ketiga kerukunan agama dengan pemerintah

“Jika tiga pilar ini terjadi, maka daerah itu dikatakan memiliki toleransi agama yang luar biasa dan Tomohon sudah memiliki itu,” ujar Lolowang.

Apalagi, kata Lolowang, dengan adanya Forum Pelita yang diprakarsai oleh semua pemuda dari seluruh agama yang ada di Kota Tomohon.

“Kita berbangga beberapa waktu lalu Tomohon bisa menjadi Kota Harmoni dan Kota Toleran. Kita bangga, ini terjadi oleh karena kita memiliki toleransi antaragama yang luar biasa indah dan memiliki hubungan yang erat sekali, jadi ini merupakan satu hal yang berbahagia.

Perbedaan itu, lanjut Lolowang, adalah untuk menjadi serba-serbi yang indah,” pungkasnya.

Ketua Badan Takmir Masjid (BTM) Nurul Iman Agus Salim Saleh S.Pd mengatakan, momen kebersamaan saat ini merupakan kebanggaan bagi sesama umat beragama.

“Itu penting bagi kita mengimplementasikan hubungan antar sesame umat beragama. Silahturahmi kita mantapkan melalui buka puasa bersama ini,” ungkapnya.

Dia pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas perhatian, serta bantuan dari Forum Pelita dan juga Pemerintah Kota Tomohon tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Satu Setda Kota Tomohon Drs ODS Mandagi, jajaran Forum Pelita Kota Tomohon, pengurus BTM Nurul Iman Kampung Jawa, serta para pemuda dan remaja masjid.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zona Tomohon

Masyarakat diajak menghemat dan jaga sumber air

Jajaran PDAM diajak meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Masyarakat bersama instansi-instansi terkait diminta untuk menjaga ekosistem lingkungan hidup, termasuk sumber-sumber air.

Terutama, di musim kemarau yang saat ini masih melanda berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Kota Tomohon.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Harold V Lolowang, pada kegiatan Workshop Fasilitasi Peningkatan Kinerja PDAM Kota Tomohon yang bekerja sama dengan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian PUPR RI, yang digelar di Grand Master Resort Tomohon, Selasa (17/09/2019).

“Unsur terkait bersama seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup. Di dalamnya sumber-sumber air,” ujar Lolowang.

Selain itu, Lolowang mengimbau masyarakat untuk menghemat pengunaan air.

Dia pun mengajak jajaran PDAM untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

“Demikian juga meningkatkan manajemen pengelolaan perusahaan, serta yang penting juga dalam hal membangun integritas,” pungkas Lolowang.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Teknis BPPSPAM Kementerian PUPR Desrah Sibarani.

Turut hadir Asisten Perekonomian Djoike Karouw, Kadis Lingkungan Hidup Novi Politon, Direktur PDAM Kota Tomohon Semuel M Gosal, Konsultan Dadang Heru, unsur Balai Wilayah Sungai Sulawesi Satu Janeny Mamoto, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Reynaldo Poli, serta unsur terkait lainnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com