Connect with us

ZONAPEDIA

Menyaksikan Batavia, kota tersohor di Asia Tenggara kala itu lewat Virtual Reality

Merasakan sensasi terbang bersama seekor burung mendatangi kota penting dalam sejarah Nusantara.

Published

on

Rekonstruksi visual Batavia. (@wfm.nl / Rob Tuytel)

ZONAUTARA.com – Museum Westfries di Kota Hoorn, Belanda baru saja membuka pameran untuk memperingati 400 tahun sejak Batavia didirikan. Pameran itu berlangsung pada 30 Mei hingga 5 Januari 2020.

Diberi tajuk “Batavia 1627 VR”, para pekerja multimedia dalam pameran itu berhasil menghidupkan Kota Batavia dalam visualisasi virtual reality.

Pengunjung bisa merasakan sensasi terbang bersama seekor burung dan mendatangi Batavia, kota tersohor dan penting di Asia Tenggara pada masa itu.

Batavia menjadi kota penting dalam perjalanan sejarah Nusantara. Sewaktu Jan Pieterszoon Coen ditunjuk memegang jabatan Gubernur Jenderal VOC pada pertengahan tahun 1618, dia langsung mempersiapkan diri menguasai Jayakarta.

Jayakarta adalah salah satu bandar dagang paling sibuk di Kepulauan Nusantara kala itu. Coen melihat peluang Jayakarta bisa menjadi kota pesisir yang ramai karena lokasinya yang strategis.

Coen ingin memindahkan pusat kegiatan VOC ke Jayakarta yang sebelumnya bernama Sunda Kelapa dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Pajajaran. Ini adalah kerajaan Sunda yang berpusat di Bogor dan eksis hingga tahun 1579.

Pada 30 Mei 1619, Coen berhasil mewujudkan keiginannya. Dengan mengerahkan ribuan pasukan VOC, kota pelabuhan milik Kesultanan Banten itu berhasil direbut. VOC menguasai Jayakarta.

Coen kemudian mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia, dan menjadikannya sebagai pusat pemerintahan VOC di Nusantara. Pengukuhan nama Batavia berlangsung pada 4 Maret 1621, sekaligus membentuk pemerintahannya.

Dari Batavia inilah kemudian VOC dan Belanda mengendalikan Nusantara hingga berabad-abad sesudahnya. Kota ini kemudian memberi pengaruh penting di kawasan Asia Tenggara.

Banyak rekonstruksi kondisi Batavia kala itu melalui foto dan grafis. Namun “Batavia 1627 VR” dalam pameran yang digelar di kota kelahiran Coen itu, mampu membawa kita menikmati kondisi Batavia saat itu dalam tampilan 3D.

Cuplikan videonya dapat dilihat disini:

Editor: Ronny Adolof Buol

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TUTUR VISUAL

Ganja telah digunakan dalam bidang medis sejak 6000 tahun lalu

Kami menyajikannya dalam timeline dan infografis.

Published

on

6000 tahun perjalanan ganja di bidang medis

6000 tahun perjalanan ganja di bidang medis

Pelajari dalam timeline dan infografis

ZONAUTARA.com – Ganja dulunya bukan barang terlarang. Namun sejak awal abad ke-20 penggunaan ganja dibatasi, terutama pada budaya Barat.

 

Di Amerika Serikat, berbagai macam aturan membatasi akses ke ganja sejak tahun 1900an. Puncaknya adalah Undang-undang Pajak Marihuana (the Mariuhana Tax Act) pada tahun 1937.

 

Sejak saat itu penggunaan ganja secara umum dianggap sebagai pelanggaran federal. Sementara di Kanada, ganja dilarang selama 85 tahun sebelum kemudian larangan itu dicabut.

 

Terlepas dari larangan dan efek negatif yang diakibatkan penggunaan ganja, tanaman ini telah mengalami perjalanan panjang selama 600 tahun.

 

Potensi terapeutik yang dimiliki tanaman ini membuat ganja dikenal luas dihampir semua budaya di seluruh dunia.

 

MedReleaf membuat sebuah infografis yang sangat menarik, yang menggambarkan penggunaan ganja di bidang medis.

 

Infografis itu merinci perjalanan ganja sejak kekaisaran kuno seperti di Roma, Mesir dan Cina.

 

Infografis ini dapat membantu prespektif mengenai ganja yang telah meluas dan sering menjadi bahasan akhir-akhir ini.

 

Kami mencoba merangkum perjalanan sejarah ganja dalam bidang medis itu dalam timeline.

Timeline 6000 tahun ganja dalam medis

Klik ikon segitiga atau geser slider timeline dibagian bawah

Sumber: CDA Clinic
Continue Reading
Advertisement

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com