Connect with us

Zona Bolmong Raya

Setelah dipublikasi, akhirnya mantan Wawali Kotamobagu kembalikan aset Bolmong

Masih banyak kendaraan dinas yang belum dikembalikan oleh mantan pejabat lainnya.

Published

on

Pengembalian aset daerah Pemkab Bolmong yang berada di tangan mantan pejabat. (FotoL Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah Bolmong)

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Sehari setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) merilis nama-nama mantan pejabat, yang masih menguasai aset berupa kendaraan dinas, langsung membuahkan hasil.

Buktinya, mantan Wakil Walikota (Wawali) Kotamobagu, Djainudin Damopolii, langsung mengembalikan kendaraan dinas milik Pemkab Bolmong, Rabu (12/6/2019).

Kendaraan jenis Sedan Toyota Corola Altis dengan nomor polisi DB 1002 DM langsung dijemput Tim Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) di kediaman Djainudin, di Kotamobagu.

“Iya, setelah dikomunikasikan kami akhirnya menjemput kendaraan dinas yang beliau pakai saat menjabat Kepala Bappeda Bolmong,” kata Kepala Bidang Pengendalian Barang Milik Daerah, Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Fanny Irawan Popitod, Rabu (12/6/2019).

Baca juga: Bolmong susah berkelit dari disclaimer, sejumlah mantan pejabat jadi penyebabnya

Selain Djainudin, tim aset BKD Bolmong juga menjemput sepeda motor jenis Honda GL MAX DB 5528 D, yang dikuasai eks Kepala Badan Kesbang Bolmong yang sudah pensiun, Dondo Mokoginta.

Sebelumnya, Pemkab Bolmong merilis nama-nama para pejabat dan mantan pejabat yang masih menguasai aset berupa kendaraan dinas milik Pemkab, Selasa (11/6/2019).

Banyaknya kendaraan dinas yang belum dikembalikan itu menjadi salah satu penyebab Bolmong terus mendapat ganjaran discalimer dari Badan Pemeriksa Keuangan RI. (itd)

Editor: Ronny Adolof Buol

Zona Bolmong Raya

Sepekan terakhir sudah 5 kali kebakaran hutan di Bolmong

Selama sepekan terakhir ini sudah terjadi lima kali kebakaran lahan dan hutan di lokasi yang berbeda di Bolmong.

Published

on

By

LOLAK, ZONAUTARA.com – Kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) harus menjadi perhatian serius. Selama sepekan terakhir ini sudah terjadi lima kali kebakaran lahan dan hutan di lokasi yang berbeda di Bolmong.

Belum lama ini, kebakaran lahan terjadi di Desa Tuyat, Kecamatan Lolak, tepatnya di perbatasan Desa Tuyat dan Desa Tandu, Kabupaten Bolmong, Rabu, (07/08/2019). Menyusul pada Kamis, (08/08/2019) kebakaran kawasan hutan dan lahan di Desa Sauk, Kecamatan Lolak.

Kebakaran lahan di kawasan perbukitan PT Conch North Sulawesi Cement yang ada di Desa Solog dan kawasan perbukitan Desa Inobonto, Kecamatan Bolaang. Kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di Desa Lolak II, tepatnya di kompleks RSUD Datoe Binangkang Lolak, Selasa (13/8/2019).

Satuan tugas dari Pol PP Bolmong, Pemadam Kebakaran Bolmong, Koramil, serta Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berupaya memadamkan api yang terus membesar.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Manggal Agni yang merupakan tim Rescue KARHUTLA dari Kementerian Lingkungan Hidup,” ungkap Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Bolmong Abdul Muin Paputungan.

Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga mengimbau, dengan kondisi cuaca yang sudah memasuki musim kemarau dan angin selatan warga diminta untuk tidak membuang puntung rokok dalam keadaan masih menyala sembarangan. Begitupun para petani, juga diimbau untuk jangan dulu membakar lahan tanpa pengawasan, karena dengan kondisi cuaca saat ini, sangat rentan terjadi kebakaran lahan bahkan bisa sampai ke pemukiman warga.

“Kita harus menjaganya bersama, supaya tidak menyesal saat terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, akibat kelalian kita sendiri. Itu sebabnya, selalu diminta untuk waspada dan hindari pemicu kebakaran seperti membuang puntung rokok dengan keadaan masih menyala, serta pembakaran lahan tanda pengawasan,” imbau Haris, Rabu (15/8/2019).

Tak hanya itu, ia juga meminta kepada para ibu rumah tangga yang masih menggunakan kayu api maupun kompor gas ketika memasak untuk selalu hati-hati.

“Pastikan api sudah padam pada saat selesai memasak,” sebutnya.

Editor: Rahadih Gedoan

Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com