Connect with us

ZONA DAERAH

Pengelolaan destinasi wisata di Tomohon terus dimaksimalkan

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Sebagai daerah yang pariwisatanya terus berkembang, Pemerintah Kota Tomohon memiliki keinginan untuk menjadi salah satu kota pariwisata dunia. Untuk itu, berbagai langkah terus dilakukan dengan melakukan pembenahan.

Salah satunya, melalui kegiatan Pelatihan Tata Kelola Distinasi, Pengembangan Jenis dan Paket Wisata Unggulan oleh Dinas pariwisata Daerah Kota Tomohon, di Grand Master Resort, Senin (17/6/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman membuka langsung kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, wali kota mengatakan, sektor pariwisata Kota Tomohon khususnya destinasi pariwisata saat ini telah tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur maju mundurnya sektor destinasi pariwisata adalah dengan menggunakan metode 3A yakni Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, para peserta bisa mengaplikasikannya dalam mengelola destinasi dan menyusun paket wisata di objek wisata industri pariwisata yang ada di Kota Tomohon,” ujar Eman.

Sementara, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pioh mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan melibatkan stakeholder terkait dalam mensosialisasikan dan mendukung program pemerintah pada sektor pariwisata untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai Kota pariwisata dunia.

“Pengembangan jenis dan paket wisata unggulan dapat memengaruhi peningkatan arus kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Tomohon,” kata Pioh.

Peserta kegiatan adalah pengelola/pemilik destinasi wisata, pemandu wisata, travel agent, hotel/penginapan, homestay, pondok wisata, reatoran/rumah makan serta stakeholder pariwisata di Kota Tomohon.

Tampil sebagai narasumber Staf Ahli Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel, Teddy Tandayu selaku Dekan Fakultas Pariwisata dan Hospitality Universitas Katolik De La Salle Manado.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

ZONA DAERAH

KPU Tomohon resmi tutup pemasukan dokumen bapaslon perseorangan

Published

on

Ketua KPU saat menutup buku registrasi pemasukan dokumen dukungan bapaslon perseorangan. (Foto: zonautara.com/Christo Senduk)

TOMOHON, ZONAUTARA.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon resmi menutup tahapan pemasukan syarat dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, Minggu (23/2/2020) pukul 00.00 WITA.

Pantauan Zona Utara, penutupan tahapan pemasukan dokumen tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut didampingi empat komisioner lainnya, masing-masing Stenly Kowaas, Robby Golioth, Jacobus Wowor dan Albertien Vierna Pijoh.

“Setelah jam menunjukkan pukul 00.00 WITA (Minggu, 23 Februari), maka sesuai perundang-undangan yang berlaku, penyerahan dokumen syarat perseorangan resmi ditutup,” ujar Lasut, Senin (24/2/2020) dini hari.

Menurut Lasut, sejak Rabu (19/2) sampai Jumat (21/2), tidak ada yang menyerahkan dokumen syarat dukungan bapaslon perseorangan.

“Nanti pada hari Sabtu, 22 Februari 2020, ada yang menyerahkan dokumen dukungan bapaslon perseorangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon atas nama Robert Pelealu dan Sello Fransiskus HA Soekirno,” tuturnya.

Hingga pada Minggu tengah malam, lanjut dia, pihaknya resmi menutup tahapan penyerahan dokumen dukungan perseorangan, tanpa adanya bapaslon lain  yang datang memasukkan dokumen dukungan perseorangan.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Teknis Robby Golioth menjelaskan, dukungan yang telah dimasukkan oleh bapaslon Wali Kota Robert Pelealu dan bapaslon Wakil Wali Kota Sello Fransiskus HA Soekirno, akan segera diverifikasi administrasi hingga faktual.

“Mulai tanggal 27 Februari, kami akan melakukan verifikasi administrasi sampai 25 Maret. Setelah itu, kami akan melakukan verifikasi faktual pada 26 Maret sampai 15 April,” tuturnya.

Soal verifikasi faktual, lanjut Golioth, pihaknya akan memfaktualkan dukungan yang dimasukkan tersebut, dengan menanyakan secara langsung kepada pemberi dukungan soal kebenaran dukungan yang diberikan kepada bapaslon itu.

Diketahui, tahapan pemasukkan dokumen bapaslon perseorangan di KPU Tomohon ini dikawal ketat oleh Bawaslu Tomohon yang dipimpin langsung Ketua Deisy T Soputan.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com