Connect with us

ZONA DAERAH

Tomohon Internasional Flower Festival bergema di Bali

Published

on

BALI, ZONAUTARA.comPromosi iven pariwisata Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) ke-9 tahun 2019 gencar dilakukan. Salah satunya melalui Roadshow dan Fun Walk yang dilakukan di Denpasar, Bali, Minggu (30/6/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman didampingi Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan dan Ketua Umum Panitia TIFF ke-9 tahun 2019 Angelica Tengker berjalan sambil mempromosikan kepada masyarakat dan wisatawan yang sedang berolahraga saat Car Free Day.

Roadshow dan Fun Walk tersebut pun menampilkan ikon TIFF, yaitu bunga Krisan.

Angelica mengatakan, Kota Tomohon dengan iven TIFF telah menambah khasanah pariwisata Indonesia yang ditunjang dengan keindahan objek wisata.

Menurut dia, Pemkot Tomohon pun telah melengkapi akomodasi pariwisata yang representatif. Namun, kata dia, yang utama adalah keramahan masyarakat yang dikenal dengn smiling people.

“Tomohon juga dikenal dengan daerah yang aman dan sangat baik untuk iven pariwisata dan tahun ini kembali dilaksanakan TIFF dalam menunjang pariwisata Indonesia,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, iven TIFF ini telah masuk dalam 100 calendar of event Kementerian Pariwisata RI.

“TIFF ke-9 ini akan berlangsung pada tanggal 7 sampai 12 Agustus 2019. Untuk itu, kita undang semua masyarakat di Bali, wisatawan di Bali untuk hadir dan membantu mempromosikan iven ini, dengan main event adalah TOF atau parade kendaraan hias dan sejumlah side event,” jelasnya.

Roadshow dan Fun Walk di Bali ini pun dimaksudkan untuk lebih meluaskan informasi soal TIFF yang merupakan agenda strategis dan menjadi awal kegiatan TIFF.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dalam sambutannya mengatakan, TIFF 2019 ini merupakan kegiatan ke-9 yang dilakukan Pemkot dan masyarakat Kota Tomohon.

Menurut Eman, kehadiran di Bali ini adalah untuk mensosialisasikan acara yang akan kita laksanakan.

“TIFF banyak dapat dukungan salah satunya dari Kementerian Pariwisata RI,
sehingga TIFF 2019 ini menjadi calendar  event. Dukungan juga dari perbankan BRI, yaitu Bank Sulut dan Bank Prismadana, yang artinya TIFF makin banyak digemari dan didukung,” ujarnya.

Eman berharap, kesuksesan akan diraih dan Kota Tomohon yang indah semakin dikenal di Indonesia dan internasional.

Sejumla negara, lanjut Eman, pun sudah mengonfirmasi untuk ikut memeriahkan TIFF 2019, di antaranya Amerika.

“Mereka siap berpartisipasi untuk ikut TIFF, begitu juga Pemerintah Daerah di Sulut yang hadir saat ini yang terus memberikan support. Sebagai Wali Kota, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terus mendukung TIFF,” ungkapnya.

Dia menegaskan, pelaksanaan TIFF tersebut intinya untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat secara khusus dan secara umum untuk kemajuan Sulawesi Utara.

Editor : Christo Senduk

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Bolmong Raya

Siap-siap, penyelesaian aset jadi taruhan jabatan

Tahlis: wajib teken pakta integritas

Published

on

By

BOLMONG, ZONAUTARA.com- Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) akan melakukan rolling jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama eselon II.

Penempatan jabatan nantinya akan mengacu pada hasil seleksi terbuka JPT Pratama yang baru selesai digelar.

Sebelumnya, panitia seleksi (pansel) sudah mengumumkan nama-nama yang dinyatakan lolos tiga besar.

Baca: Pansel umumkan tiga besar hasil seleksi JPT Pratama Pemkab Bolmong

Menariknya, dari 18 jabatan atau organisasi perangkat daerah (OPD) yang dilelang, sembilan diantaranya bermasalah dengan aset yang nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmong, Tahlis Gallang mengaku, persoalan aset akan menjadi pertimbangan khusus bagi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wabup Yanny Tuuk, dalam menentukan pejabat yang akan dilantik nanti.

“Nama-nama yang lolos tiga besar itu akan diserahkan kepada Bupati. Nantinya, bupati selaku user yang akan memilih salah satu. Namun, yang menjadi indikator penting dalam penilaian pimpinan (Bupati dan Wabup) adalah komitmen penyelesaian persoalan aset khususnya bagi instansi yang bermasalah,” kata Tahlis Gallang, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/7/2019).

Lebih lanjut, Tahlis mengatakan, terkait komitmen tersebut, para pejabat yang akan dilantik nanti wajib menandatangani pakta integritas. Itu sama dengan sistem kontrak kerja.

Dengan begitu, kata Tahlis, kinerja para pimpinan OPD lebih terkontrol. Kemudian para pimpinan OPD selalu memiliki tanggung jawab selama menjabat.

“Ada beberapa poin yang akan dituangkan dalam pakta integritas. Salah satunya adalah terkait komitmen penyelesaian asset. Dan itu yang paling utama. Itu berlaku selama satu tahun. Setelah itu, akan dievaluasi,” ungkap Sekda Tahlis.

Dia memaparkan, salah satu kelemahan Pemkab Bolmong di tahun-tahun sebelumnya terletak pada tata kelola aset barang milik daerah yang kurang baik. Yang pada akhirnya, menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Upaya tindak lanjut terhadap temuan tersebut juga tidak maksimal.

Sehingga, menumpuk dari tahun ke tahun dan terus terbawa sampai hari ini.

Baca juga: Catatan BPK, 403 Miliar asset Bolmong bermasalah

“Penandatanganan pakta integritas nantinya agar para pimpinan OPD benar-benar memiliki rasa tanggungjawab penuh terhadap tugas dan kewajibannya. Dalam pakta integritas itu intinya pimpinan OPD harus siap menjalankan segala tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Ketika mereka menandatangani itu berarti mereka siap,” sahut Tahlis. (itd)

Sembilan jabatan yang dilelang bermasalah dengan aset, yakni:

  1. Dinas Pendidikan
  2. Dinas Pertanian
  3. Dinas Pengendalian Penduduk dan KB
  4. Dinas Perhubungan
  5. Dinas Perikanan
  6. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa
  7. Dinas Lingkungan Hidup
  8. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan
  9. Badan Keuangan Daerah

Editor: Ronny Adolof Buol

Continue Reading

DATA KITA

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com