Connect with us

ZONAPEDIA

Tahu dua kata bahasa Manado yang seperti nama layanan Go-jek?

Published

on

zonautara.com

MANADO, ZONAUTARA.com – Tahukah anda bahwa dalam bahasa Manado atau Melayu Manado ada kata yang terdengar seperti nama layanan Gojek? Pernah secara sengaja memerhatikannya? Kalau belum, coba perhatikan.

Dari beberapa kosa kata bahasa Manado ternyata ada dua di antaranya yang sangat mirip nama layanan taksi online Go-jek. Tiga kata ini bila pun dipisahkan menjadi dua suku kata, masing-masing tetap punya makna.

Pertama, gomutu. Kata itu artinya ijuk. Gomutu ini bila salah tulis dengan menaruh garis datar untuk memisahkan suku kata go- dan -mutu bisa dianggap nama satu layanan Go-jek.

Kedua, gonone. Kata itu merujuk pada binatang yang sangat kecil, yang biasanya menggigit bagian-bagian tubuh yang tersembunyi. Gonone juga terkesan nama sebuah layanan Go-jek bila ditulis pakai  garis datar. Go-none.

Ketiga, gomu. Kata ini berarti memar. Kalau ditulis pakai garis datar pasti dikira layanan Go-jek baru. Go-mu.

Kata seperti gonofu, gofela, gogohia, gomala, gora, dan goringo tidak masuk kategori ini karena kalau dibagi menjadi dua suku kata tidak memiliki arti sendiri-sendiri.

Bagaimana pengalaman dengan bahasa Manado? Asyik campur lucu bukan?

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ZONAPEDIA

Trakindo, distributor resmi Caterpillar

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – PT Trakindo Utama atau biasa juga hanya disebut Trakindo merupakan perusahaan penyedia solusi alat berat Caterpillar yang berkelas dunia di Indonesia.

Setelah didirikan oleh AHK Hamami pada tahun 1970, Trakindo kemudian menjadi distributor resmi untuk Caterpillar di tahun 1971.

Trakindo memiliki fasilitas yang berkelas internasional serta jaringan luas di lebih dari 60 cabang di seluruh Indonesia, untuk melayani dan memajukan seluruh pelanggannya dari Sabang sampai Merauke.

Dukungan alat berat yang dimiliki Trakindo diperuntukkan bagi industri pertambangan, konstruksi, kehutanan dan perkebunan, kelautan, minyak dan gas bumi, serta kelistrikan.

zonautara.com
Alat berat milik Trakindo bermerak Caterpillar.(Image: zonautara.com/Rahadih Gedoan)

Editor: Rahadih Gedoan

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com