bar-merah

Tahu dua kata bahasa Manado yang seperti nama layanan Go-jek?

zonautara.com
Ilustrasi bahasa Manado.(Foto: edited zonautara.com/Rahadih Gedoan)

MANADO, ZONAUTARA.com – Tahukah anda bahwa dalam bahasa Manado atau Melayu Manado ada kata yang terdengar seperti nama layanan Gojek? Pernah secara sengaja memerhatikannya? Kalau belum, coba perhatikan.

Dari beberapa kosa kata bahasa Manado ternyata ada dua di antaranya yang sangat mirip nama layanan taksi online Go-jek. Tiga kata ini bila pun dipisahkan menjadi dua suku kata, masing-masing tetap punya makna.

Pertama, gomutu. Kata itu artinya ijuk. Gomutu ini bila salah tulis dengan menaruh garis datar untuk memisahkan suku kata go- dan -mutu bisa dianggap nama satu layanan Go-jek.

Kedua, gonone. Kata itu merujuk pada binatang yang sangat kecil, yang biasanya menggigit bagian-bagian tubuh yang tersembunyi. Gonone juga terkesan nama sebuah layanan Go-jek bila ditulis pakai  garis datar. Go-none.

Ketiga, gomu. Kata ini berarti memar. Kalau ditulis pakai garis datar pasti dikira layanan Go-jek baru. Go-mu.

Kata seperti gonofu, gofela, gogohia, gomala, gora, dan goringo tidak masuk kategori ini karena kalau dibagi menjadi dua suku kata tidak memiliki arti sendiri-sendiri.

Bagaimana pengalaman dengan bahasa Manado? Asyik campur lucu bukan?

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com