Connect with us

ZONA DAERAH

Kebudayaan aset penting dalam pembangunan daerah

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.comPemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbuda) menggelar Seminar Peningkatan Kapasitas Budaya Daerah, dilaksanakan di Hotel Wise Tomohon, Jumat (19/7/2019).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) H.V. Lolowang, hadir dalam seminar tersebut.

Dalam sambutannya, Lolowang mengatakan, masyarakat Tomohon memiliki tradisi dan kearifan lokal budaya yang sangat kaya dan hidup. Kedua hal tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan kebudayaan.

Menurut Lolowang, kebudayaan harus dianggap sebagai aset penting yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

“Masyarakat Tomohon hanya dapat menjadi masyarakat yang besar apabila mampu mewujudnyatakan kebudayaan ke dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kebudayaan daerah menghadapi tantangan, yaitu ketika kekuatan budaya lokal, kearifan lokal, nilai-nilai tradisional dianggap tidak lagi relevan, hingga mulai diabaikan oleh pelaku budayanya.

“Diperlukan sebuah terobosan yang baru dari pelaku budaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal yang ada agar tidak terbawa arus globalisasi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, Pemkot Tomohon melalui Dikbuda Kota Tomohon bersama Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya melaksanakan Seminar Nasional untuk membahas budaya lokal yang ada di Kota Tomohon sebagai upaya peningkatan kapasitas budaya lokal yang dimiliki oleh masyarakat.

“Pemkot Tomohon memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya yang telah memberikan kesempatan kepada Pemkot Tomohon dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah untuk melaksanakan kegiatan ini,” pungkasnya.

Turut hadir juga pada kegiatan ini Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana D. Karwur, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Madjmuddin Ramly, para tokoh-tokoh pemerhati budaya dan akademisi di Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !

Zona Wakil Rakyat

Sualang: Soal reklamasi, sosialisasi kuncinya

Richard Sualang menghimpun aspirasi masyarakat sat reses.

Bagikan !

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) Richard Sualang mengatakan, dirinya telah melakukan reses di dua lokasi, yakni di Kelurahan Tuminting dan Kelurahan Sindulang.

Ia mengaku, dari dua lokasi itu, warga mengeluhkan terkait rencana reklamasi di kawasan Boulevard Dua.

Sebagai wakil rakyat dapil Manado, politisi PDI Perjuangan itu memahami terkait keinginan masyarakat terhadap rencana reklamasi tersebut.

Untuk itu, agar rencana reklamasi bisa dipahami masyarakat, anggota Komisi IV itu meminta dinas atau unit pelaksana terkait agar gencar melakukan sosialiasi.

“Soal reklamasi, sosialiasi adalah kunci utama. Masyarakat harus tahu, apa, bagaimana dan manfaatnya apa, jangan sampai ketidaktahuan masyarakat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab membuat berita hoaks,” tegas Ketua DPC PDI Perjuangan Manado itu, Rabu (11/12/2019).

Richard juga menuturkan bahwa rencana reklamasi di kawasan Boulevard Dua belum ada tanda-tanda.

Memang wilayah pesisir menjadi bagian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

“Dan saya yakin pembangunan Pemprov Sulut ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (K-02)

Bagikan !
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com