Connect with us

ZONA DAERAH

Ajukan Ranperda APBD Perubahan, ini penjelasan Eman

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019, kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Senin (19/8/2019).

Pengajuan ranperda dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Miky JL Wenur didampingi Wakil Ketua DPRD Youddy Moningka dan Carol Senduk ini dilakukan langsung Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman.

Dalam penjelasannya, Eman menjelaskan, penyusunan ranperda tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2019 ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun anggaran 2019.

Menurut Eman, Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2019 ini juga berpedoman pada dokumen perencanaan daerah, dalam hal ini mengacu pada perubahan RKPD tahun 2019 dan juga konsisten dari kesepakatan bersama mengenai Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPASP) APBD tahun anggaran 2019.

“Perubahan anggaran ini berupa penyesuaian terhadap rencana pendapatan daerah dan rencana penyesuaian alokasi belanja, pada kegiatan-kegiatan tertentu,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kebijakan, strategi, prioritas program, serta kegiatan dalam perubahan APBD tahun anggaran 2019, tetap ditujukan pada proses penanganan masalah-masalah pembangunan yang dianggap strategis dan prioritas bagi pembangunan daerah.

APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2019 ini, lanjut Eman, pihaknya mengalokasikan belanja pendidikan tidak kurang dari 20% dari APBD, kesehatan 15%, kemudia alokasi anggaran untuk aparat pengawas internal pemerintah sebesar 1%.

“Sehingga pengalokasian ‘mandatory spending’ tetap dilakukan sesuai ketentuan,” paparnya.

Data menambahkan, mengenai penambahan alokasi anggaran pada perubahan APBD tahun anggaran 2019 didistribusikan ke perangkat daerah, dengan tetap memperhatikan program prioritas daerah.

“Kami berharap, DPRD dapat menjadwalkan tahapan pembahasan mengenai rancangan peraturan daerah ini sesuai dengan tahapan menurut aturan yang berlaku,” pungkasnya.

Turut hadir dalam paripurna tersebut Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan, seluruh pejabat Pemkot Tomohon hingga para Camat dan Lurah se- Kota Tomohon.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia

Zona Tomohon

Peduli korban kebakaran, Polres salurkan bantuan di Panti Asuhan Nazareth

Bantuan bertujuan meringankan beban anak-anak penghuni panti.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com Kepolisian Resor (Polres) Tomohon menunjukkan kepedulian terhadap bencana kebakaran yang terjadi di Panti Asuhan Nazareth Matani.

Dipimpin langsung Kapolres AKBP Raswin Bachtiar Sirait dan didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Juliana Sirait dan jajaran pejabat, Polres Tomohon menyalurkan bantuan kepada pihak pengelola panti, Rabu (18/9/2019).

Dalam kesempatan itu, Kapolres berharap, pihak pengelola dan anak-anak panti agar tidak menilai jumlah bantuan yang diberikan.

“Tapi nilailah hal ini sebagai wujud rasa peduli kita bersama, khususnya keluarga besar Polres Tomohon, serta Bhayangkari Cabang Polres Tomohon dan tentunya ke depan kita harapkan bantuan ini dapat kita tingkatkan daripada sekarang ini,” ujar  Sirait.

Kapolres juga berharap, agar bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban korban kebakaran, terutama anak-anak penghuni panti tersebut.

“Sehingga, mereka bisa sedikit melupakan kejadian yang menimpa mereka dan kemalangan yang terjadi kepada mereka,” pungkasnya.

Hadir dalam anjangsana tersebut pejabat teras Polres Tomohon, yakni Kabag Ops AKP Steven JR Simbar, Kabag Sumda Kompol Agnes Timbuleng, serta para Kasatfung dan Kapolsek jajaran Polres Tomohon.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya Panti Asuhan Nazareth Matani terbakar pada Kamis (12/9/2019). Kebakaran itu menyebabkan satu penghuni terluka.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Hosting Unlimited Indonesia
Continue Reading

LAPORAN KHUSUS

Advertisement
Advertisement

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com