bar-merah

Kolintang jadi menu utama di program Indonesiana

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Berbagai alat musik tradisional dimiliki dan terus dilestarikan di Kota Tomohon, di antaranya Kolintang. Alat musik berbahan dasar kayu ini kian populer di dunia international.

Upaya untuk melestarikan alat musik Kolintang ini pun terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon.

Salah satunya melalui program bertajuk Indonesiana, yang merupakan kerja sama Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dan Pemkot Tomohon.

Indonesiana ini pun merupakan program khusus Direktorat Jendral Kebudayaan, Kemendikbud RI, untuk memperkuat ekosistem kebudayaan Indonesia melalui pembuatan landasan atau platform yang terkonsolidasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, terutama dalam hal tata kelola kebudayaan.

Festival Indonesiana tersebut akan menonjolkan alat musik Kolintang sebagai menu utama dalam festival yang akan selama beberapa hari di Kota Tomohon ini.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman di sela-sela kegiatan Workshop Manajemen Penyelenggaraan Festival Platform Indonesiana, yang digelar di AAB Guest House, Senin (10/09/2019), mengatakan bahwa program Indonesiana ini bertujuan untuk memajukan kebudayaan dan menjadi potensi di Kota Tomohon.

Menurut Eman, Kota Tomohon menjadi satu-satunya Kota/Kabupaten di Sulawesi yang dipilih menjadi lokasi pelaksanaan program Indonesiana.

“Jadi, untuk program Indonesia di Kota Tomohon, kita akan mengadakan semacam festival, yang titik beratnya ke arah memajukan budaya dari sisi alat musik Kolintang,” ujar Eman.

Pihaknya bersama Kemendikbud, kata Eman, sementara merampungkan persiapan-persiapan terkait kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan pada 21 hingga 25 Oktober 2019 mendatang.

“Banyak hal yang akan dilakukan. Ini untuk menunjukan jati diri, bahwa alat musik Kolintang ini adalah milik dari warisan budaya bangsa Indonesia,” ungkap Eman.

Dia berharap, kegiatan ini dapat mendapat respons dari berbagai pihak, sehingga bisa terus berkembang dan dilaksanakan setiap tahun.

“Sehingga, ke depan bukan di Tomohon bukan hanya ada Tomohon International Flower Festival (TIFF) melainkan juga ada Festival Indonesiana ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Juliana Dolvien Karwur menjelaskan, program Indonesiana di Kota Tomohon ini bertajuk Pesta Kolintang Tomohon Tahun 2019.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan, yakni parade budaya, gelar musik Kolintang, lomba Kolintang, workshop Kolintang, pelatihan pelatih Kolintang, penanaman pohon Kolintang, kuliner, bazaar dan pameran budaya,” pungkas Karwur.

Editor: Rahadih Gedoan



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com