bar-merah

Kepala PD diingatkan soal fungsi pengawasan internal

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Internal, yang digelar di Inspektorat Kota Tomohon, Kamis (12/9/2019).

Rakor tersebut dipimpin langsung Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Dalam kesempatan itu Eman mengatakan, Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah Daerah (APIP) merupakan instansi pengawasan yang berperan sangat penting dan menjadi ujung tombak dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang sehat bersih dan bebas dari KKN.

Menurut Eman, APIP harus dapat menjadi problem solving untuk memberikan masukan atau rekomendasi bagi manajemen Perangkat Daerah (PD) dan terlebih kepada pimpinan tertinggi selaku pemangku kepentingan dan yang memiliki kebijakan untuk mengambil keputusan.

Eman menjelaskan, APIP memiliki peran efektif, yakni memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan kehematan, efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah.

APIP juga memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah. Serta, memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah.

“Pentingnya peran APIP dalam memberikan keyakinan memadai, menjadi peringatan dini, serta menjaga tata kelola, risiko dan kepatuhan organisasi,” ujarnya.

Eman pun menekankan, sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, Kepala PD diharapkan untuk dapat berperan dalam memberikan kontribusi penting terhadap akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan.

“Kepala perangkat daerah harus dapat melaksanakan fungsi pengawasan internal sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 13 tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan daerah,” tegasnya.

Dia berharap, dengan adanya pengawasan internal oleh Kepala PD akan mencegah terjadinya penyimpangan anggaran.

“Kepala Perangkat Daerah agar segera menindaklanjuti setiap temuan atas hasil pemeriksaan Inspektorat,” pungkasnya.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com