bar-merah

Bayi gizi buruk di Minahasa, butuh bantuan

MANADO, ZONAUTARA.com – Rafa, bayi berusia 10 bulan mengalami gizi buruk dan sedang dirawat di ruang perawatan anak RSUD Sam Ratulangi Tondano.

Saat ditemui, Marjelin Makasaeha (44), oma dari Rafa mengatakan bahwa Rafa didiagnosa oleh dokter alami gizi buruk.

Menurur Marjelin, Rafa sudah tidak lagi mendapat asupan ASI sejak berusia lima bulan. Dan sejak itu juga dia tak minum susu.

“Saya hanya memberi dia minum air gula,” kata Marjelin yang sehari-hari mengurus Rafa.

Tubuh Rafa yang berasal dari Desa Kombi, Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa ini, terlihat sangat kurus. Tangan dan kakinya bak tulang membungkus kulit. Tulang rusuknya terlihat dengan jelas, kulit tubuhnya mengelupas.

“Sudah tiga hari dirawat,” jelas Marjelin, Sabtu (14/9/2019).

Awalnya Rafa mendapat asupan bubur kemasan, tapi belakangan ia hanya makan bubur beras tanpa campuran makanan lainnya.

Merjelin tak mampu membelikan susu buat cucunya. Ibu Rafa tinggal bersama Marjelin karena tidak mendapat tanggungan dari suaminya.

Rafa pernah juga dirawat dengan diagnosa yang sama sewaktu berumur tujuh bulan. Kini dia balik lagi karena kasus serupa.

Saat ini sudah genap seminggu Rafa tak makan dan minum dengan baik. Ia tak mau makan, tak mau minum susu. Sesekali hanya minum air bercampur gula.

Kondisinya melemah. Seharusnya Rafa sudah mendapat penanganan intensif dari petugas medis. Infus Rafa sudah dicabut, menurut Marjelin dokter menyarankan sudah harus pasang infus di hidung hingga ke lambung.

“Tapi kami tak berani mengiyakan karena tak punya uang untuk membayar,” kata Marjelin.

Rafa memang sebagai pasien umum. Ia tak tercover BPJS Kesehatan. Alasannya Rafa belum ada akte kelahiran, sehingga tak bisa melengkapi administrasi.

Marjelin hanya seorang buruh kebun. Kadang dapat panggilan kerja, kadang tidak. Sehari ia diupah Rp 75 ribu. Kadang seminggu tak ada panggilan sama sekali.

Ia harus menghidupi empat anaknya, juga cucunya Rafa ini, sementara suaminya sudah meninggal. Sering tak punya uang sama sekali, Marjelin pun hanya mengandalkan belas kasih orang lain.

Jika ada yang ingin membantu, bisa menghubungi nomor telepon Marjelin di nomor 081340261754. Rafa butuh bantuan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com