Connect with us

Zona Minahasa

Bayi gizi buruk di Minahasa, butuh bantuan

Tak tercover BPJS karena tak punya akta kelahiran

Bagikan !

Published

on

gizi buruk

MANADO, ZONAUTARA.com – Rafa, bayi berusia 10 bulan mengalami gizi buruk dan sedang dirawat di ruang perawatan anak RSUD Sam Ratulangi Tondano.

Saat ditemui, Marjelin Makasaeha (44), oma dari Rafa mengatakan bahwa Rafa didiagnosa oleh dokter alami gizi buruk.

Menurur Marjelin, Rafa sudah tidak lagi mendapat asupan ASI sejak berusia lima bulan. Dan sejak itu juga dia tak minum susu.

“Saya hanya memberi dia minum air gula,” kata Marjelin yang sehari-hari mengurus Rafa.

Tubuh Rafa yang berasal dari Desa Kombi, Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa ini, terlihat sangat kurus. Tangan dan kakinya bak tulang membungkus kulit. Tulang rusuknya terlihat dengan jelas, kulit tubuhnya mengelupas.

“Sudah tiga hari dirawat,” jelas Marjelin, Sabtu (14/9/2019).

Awalnya Rafa mendapat asupan bubur kemasan, tapi belakangan ia hanya makan bubur beras tanpa campuran makanan lainnya.

Merjelin tak mampu membelikan susu buat cucunya. Ibu Rafa tinggal bersama Marjelin karena tidak mendapat tanggungan dari suaminya.

Rafa pernah juga dirawat dengan diagnosa yang sama sewaktu berumur tujuh bulan. Kini dia balik lagi karena kasus serupa.

Saat ini sudah genap seminggu Rafa tak makan dan minum dengan baik. Ia tak mau makan, tak mau minum susu. Sesekali hanya minum air bercampur gula.

Kondisinya melemah. Seharusnya Rafa sudah mendapat penanganan intensif dari petugas medis. Infus Rafa sudah dicabut, menurut Marjelin dokter menyarankan sudah harus pasang infus di hidung hingga ke lambung.

“Tapi kami tak berani mengiyakan karena tak punya uang untuk membayar,” kata Marjelin.

Rafa memang sebagai pasien umum. Ia tak tercover BPJS Kesehatan. Alasannya Rafa belum ada akte kelahiran, sehingga tak bisa melengkapi administrasi.

Marjelin hanya seorang buruh kebun. Kadang dapat panggilan kerja, kadang tidak. Sehari ia diupah Rp 75 ribu. Kadang seminggu tak ada panggilan sama sekali.

Ia harus menghidupi empat anaknya, juga cucunya Rafa ini, sementara suaminya sudah meninggal. Sering tak punya uang sama sekali, Marjelin pun hanya mengandalkan belas kasih orang lain.

Jika ada yang ingin membantu, bisa menghubungi nomor telepon Marjelin di nomor 081340261754. Rafa butuh bantuan.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Zona Minahasa

44 warga Tateli terima Bantuan Sosial Tunai

Ini adalah penyaluran tahap satu.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Penyaluran BST di Desa Tateli. (Foto: zonautara.com/Tesa Senduk)

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Sebanyak 44 masyarakat di desa Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa menerima penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu, pada Minggu (24/5/2020).

Bantuan dari Kementrian Sosial ini diserahkan melalui Kantor Pos yang pelaksanaannya digelar di Kantor Desa Tateli.

Hukum Tua (kepala desa) Tateli, Magda Lala yang ikut hadir mengatakan bahwa ini adalah penyaluran tahap satu atau BST untuk bulan April.

“Ada 44 warga yang mendapatkan bantuan ini selama tiga tahap, yakni untuk bulan April, Mei dan Juni. Nantinya tinggal menunggu jadwal dari Kementrian, kapan akan ada penyaluran lagi,” jelas Magda kepada wartawan Zona Utara.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengingatkan, seluruh desa harus membentuk tim independen dalam menyeleksi penerima BST. Tim independen beranggotakan LPM, tokoh-tokoh agama, sehingga data penerima BST adalah mereka yang benar-benar kurang mampu.

Menurut Magda, pihaknya telah membentuk tim independen yang terdiri dari Hukum Tua, BPD, dan seluruh perangkat desa.

“Kami pastikan semua yang terdampak covid-19 mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik dari bantuan kabupaten, BST, provinsi, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Jika sudah mendapatkan salah satu bantuan, maka tidak bisa mendapat bantuan lainnya,” jelasnya.

Saat penyaluran BST terlihat juga Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Tateli, yang turut mengamankan kegiatan penyaluran bantuan tersebut.

Editor: Chsito Senduk

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com