Connect with us

ZONA TERKINI

Drone dipakai serang kilang minyak Arab Saudi, pasokan minyak dunia terancam

Amerika menuding Iran dibalik serangan tersebut.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.com – Sebuah serangan menggunakan drone menyebabkan kebakaran di dua fasilitas perusahaan minyak Aramco, milik pemerintahan Arab Saudi.

Serangan yang mengejutkan itu terjadi pada Sabtu (14/9/2019) dinihari. Aramco adalah perusahaan minyak plat merah Arab Saudi yang bersiap melantai di bursa saham.

Penyelidikan dilakukan atas serangan itu, dan belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab. Namun Sekretaris Negara Amerika Serikat, Mike Pompeo menuduh Iran berada di balik serangan tersebut.

“Teheran berada di balik hampir 100 serangan terhadap Arab Saudi, sementara Rouhani dan Zarif berpura-pura terlibat dalam diplomasi,” kata Pompeo dalam sebuah unggahannya di Twitter, Sabtu (14/9).

Kedua nama itu merujuk pada Presiden Iran Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

Sebelumnya, Juru Bicara Gedung Putih Judd Deere mengatakan AS berkomitmen untuk menjaga pasokan minyak di pasar dengan baik. Deere juga menuding serangan itu dilakukan oleh kelompok Houthi yang berpihak pada iran.

“Amerika Serikat mengecam keras serangan hari ini pada infrastruktur energi kritis. Tindakan kekerasan terhadap wilayah sipil dan infrastruktur yang vital bagi ekonomi global hanya memperdalam konflik dan ketidakpercayaan,” kata Deere dalam sebuah pernyataan.

Terganggu

Arab Saudi sebagaimana yang ditulis Reuters merupakan pengekspor minyak bumi terbesar di dunia. Setidaknya setiap hari ada 7 juta barel minyak dikirim dari Arab saudi ke seluruh dunia.

Juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Malki mengatakan imbas dari serangan ini akan membuat aliansi yang didukung Barat menghadapi ancaman terhadap keamanan energi global dan stabilitas ekonomi.

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan Aramco akan memiliki lebih banyak informasi dalam waktu 48 jam. Sembari penyelidikan berlangsung kapasitas minyak dalam penyimpanan akan diturunkan untuk mengkompensasi kerugian imbas dari serangan tersebut.

Dampak dari serangan tersebut memaksa Kerajaan Arab Saudi memangkas produksi minyaknya hingga 5,7 juta barel per hari atau mencapai 50% dari total produksi harian.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONA TERKINI

Update corona global 5 Juni: 6,6 juta orang terjangkit, 1,9 juta di AS

Total kematian sudah mencapai 392.286 kasus.

Bagikan !

Published

on

ZONAUTARA.COM – Saat ini sudah tercatat sebanyak 6,6 juta orang di seluruh dunia yang terinfeksi virus corona.

Diakses dari situs Worldometers pada Jumat (5/6/2020) pukul 08.45 WITA, angka kasus positif terkonfirmasi covid-19 sudah mencapai 6.692.686 kasus. Dalam 24 jam ada 129.990 kasus yang dilaporkan.

Adapun jumlah yang meninggal dunia dilaporkan sudah sebanyak 392.286 orang dan 3.230.723 orang yang sembuh. Sementara kasus aktif ada sebanyak 3.069.677 orang.

Jumlah kasus positif Amerika Serikat (AS) sudah hampir mencapai 2 juta kasus. Sebanyak 1.924.051 orang di AS dilaporkan tertular virus corona, dan sebanyak 110.173 orang diantaranya meninggal dunia.

Kasus baru positif di Brasil terus meningkat, yang dalam sehari bertambah sebanyak 31.890 orang, menjadikan Brasil hingga pagi ini mencatat ada sebanyak 615.870 kasus positif.

Jumlah kematian di Brasil ada sebanyak 34.039 kasus, dan yang sembuh mencapai 266.132 orang.

Setelah Brasil, negara urutan ketiga dengan kasus positif corona tertinggi adalah Rusia yang melaporkan jumlah total kasus positif mencapai 441.108 kasus, dengan 5.384 kematin dan 204.623 orang yang sembuh.

Berikut daftar kasus covid-19 di sejumlah negara, update pada Jumat (5/6) pukul 08.45 WITA.

Indonesia 28.818 kasus

Penambahan kasus positif terkonfirmasi virus corona di Indonesia juga terus bertambah. Pada Kamis (4/6) ada sebanyak 585 kasus baru yang diumumkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Jumlah total secara akumulatif kasus positif di Indonesia kini sudah mencapai 28.818 kasus, dimana 8.892 pasien yang sebelumnya positif kini sudah dinyatakan sembuh, sementara 1.721 orang meninggal dunia.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com