Connect with us

Zona Tomohon

Anggota DPRD Tomohon periode 2019-2024 resmi dilantik

11 wajah baru, 9 wajah lama.

Bagikan !

Published

on

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik, Senin (16/9).

Pelantikan 20 legislator baru ini dilaksanakan dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon periode 2014-2019 Miky JL Wenur, didampingi Wakil Ketua Carol JA Senduk dan Youddy Moningka.

Pelantikan para Anggota DPRD ini pun ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tondano Iko Sujatmiko.

Usai memimpin pengucapan sumpah dan janji, Ketua PN Tondano memasang pin kepada 20 Anggota DPRD yang baru.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Miky Wenur mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada para Anggota DPRD periode 2014-2019, karena di tengah perbedaan yang ada, boleh terbangun kekompakan yang sungguh luar biasa.

Wenur pun turut menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, jika terdapat kelalaian selama dirinya bersama para Anggota DPRD periode 2014-2109 menjabat.

“Tidak ada gading yang tak retak. Sebagai manusia biasa pasti ada kelemahan. Oleh karena itu, kami menyampaikan segala permohonan maaf atas kelalaian, kekhilafan kepada semua masyarakat, Pemkot Tomohon dan seluruh stakeholder. Semoga Tuhan memampukan dan memberkati kita semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat membacakan sambutan Gubernur Sulut menyampaikan selamat kepada para Anggota DPRD Tomohon periode 2019-2014 yang baru dilantik.

“Semoga momentum ini akan memacu dan memotivasi untuk melakukan tugas dan tanggung menjawab amanah masyarakat,” tuturnya.

Diketahui, dari 20 Anggota DPRD Kota Tomohon, terdapat 11 orang ‘pendatang baru’. Tiga diantaranya merupakan wajah lama yang sempat melepas jabatannya karena terkena Pergantian Antar Waktu (PAW).

Sementara, 9 Anggota DPRD lainnya merupakan petahana.

DPRD Tomohon pun kini dikuasai oleh Partai Golkar dengan total kursi sebanyak 10 kursi. Disusul Partai PDIP dengan 4 kursi, kemudian Partai Gerindra dan Partai Nasdem yang masing-masing 2 kursi, serta Partai Demokrat dan Partai Hanura, masing-masing 1 kursi.

Berikut nama-nama Anggota DPRD Kota Tomohon periode 2019-2024 :

1. Miky JL Wenur (2735 suara)
2. Djemmy J Sundah (2257 suara)
3. James JE Kojongian (1682 suara)
4. Ladys F Turang (1788 suara)
5. Toar M Polakitan (1644 suara)
6. Donald Pondaag (1624 suara)
7. Christo B Eman (5542 suara)
8. Jenny Sompotan (1588 suara)
9. Priscila GM Tumurang (2364 suara)
10. Jimmy Wewengkang (1357 suara)
11. Carol JA Senduk (1835 suara)
12. Hudson Bogia (1266 suara)
13. Noldy Lengkong (1134 suara)
14. Johny Runtuwene (3045 suara)
15. Stanley Wuwung (1370 suara)
16. Siane J Samatara (804 suara)
17. Santi M Runtu (1582 suara)
18. Ferdinand Mono Turang (1004 suara)
19. Erens D Kereh (838 suara)
20. Cherly Mantiri (1643 suara)

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !

ZONA DAERAH

Target diserahkan 31 Januari, penyusunan LKPD dikebut

Published

on

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman. (Foto: Istimewa)

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menegaskan, pihaknya akan mengupayakan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon diserahkan pada akhir Januari 2020 mendatang.

Jika terlaksana sesuai dengan target tersebut, Kota Tomohon pun akan menjadi yang pertama di Sulawesi Utara (Sulut) yang memasukan LKPD dan yang kedua di Indonesia setelah Kabupaten Musi Banyuasin.

“Di tahun-tahun sebelumnya penyerahan buku LKPD ini biasanya paling lambat diserahkan pada bulan Maret. Di tahun 2020 ini, Pemerintah Kota menjadi terobosan, bahwa kita akan pertama di Sulut menyerahkan LKPD di 31 Januari dan kedua tercepat di Indonesia,” ujar Eman beberapa waktu lalu.

Menurut Eman, penyerahan LKPD di akhr Januari ini tujuannya bukan untuk menjadi yang tercepat, melainkan sebagai bagian dari pemantauan pengelolaan keuangan dan kinerja.

“Targetnya bukan menjadi yang tercepat, tapi sebenarnya kita terus meningkatkan diri dalam rangkaian bagaimana laporan keuangan dan kinerja Pemerintah Kota Tomohon ini terus dipantau dan dievaluasi,” ungkap Eman.

Dia menegaskan, Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Tomohon saat ini sedang dalam tahapan perampungan sebelum nantinya diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kepala BPKPD Gerardus Mogi. (Foto: zonautara.com)

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Gerardus Mogi menjelaskan, dari 34 Perangkat Daerah ditambah 9 bagian yang ada di jajaran Pemkot Tomohon, hanya tertinggal 3 Perangkat Daerah yang sementara dirampungkan penginputan data-data asetnya.

“Ketiga Perangkat Daerah tersebut adalah PUPR, Dinkes dan Dikbud. Sementara, untuk 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Tomohon Timur dan Tomohon Utara masih belum menginput data, sedangkan Kecamatan Tomohon Selatan hampir selesai,” kata Mogi, Rabu (22/1/2020).

Menurut Mogi, dasar penyusunan LKPD adalah laporan keuangan dari setiap Perangkat Daerah dan saat ini juga Inspektorat sementara melakukan review bagi setiap Perangkat Daerah yang laporan keuangannya sudah selesai dilaksanakan.

“Sejak tanggal 13 Januari itu dimulai dengan rekonsiliasi data Perangkat Daerah dengan Bidang Akutansi untuk posisi KAS (saldo akhir). Juga, rekonsiliasi data Aset dengan Bidang BMD untuk menghitung nilai Aset, akumulasi penyusutan Aset dan total pengadaan di tahun 2019,” pungkas Mogi.

Editor : Christo Senduk

Bagikan !
Continue Reading
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com