Tempo bantah merevisi cover majalah edisi 16 September 2019

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



ZONAUTARA.com – Tempo membantah postingan di media sosial yang menyebar dan menyebutkan bahwa cover majalah Tempo edisi 16 September 2019 diganti.

Dikutip dari laman Cek Fakta Tempo, Pemimpin Redaksi Tempo.co, Wahyu Dhyatmika menyebutkan bahwa pilihan judul di cover yang beredar tersebut secara gramatikal salah.

“Saya di sana mewakili siapa? Redaksi Tempo? Narasumber?” kata Wahyu. Dia menegaskan Tempo tidak mungkin melakukan kesalahan elementer seperti itu.

Cover yang disebut sebagai revisi itu beredar luas melalui group WhatsApp dan Twitter. Pada cover itu tertulis judul dengan font berukuran besar “Saya Tetap Percaya Presiden”.

Di bawah judul dalam gambar itu, tertulis sebuah pernyataan yang disebut berasal dari Jokowi, “Saya tidak ada kompromi dalam pemberantasan korupsi”. Gambar itu pun dilengkapi dengan lukisan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memakai jas hitam serta dasi merah.

Dalam sebuah unggahan di Twitter, gambar itu diklaim sebagai cover pengganti Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 yang berjudul “Janji Tinggal Janji”. Unggahan itu dibuat oleh akun Bunda Zahra, @BundaZa26962019, pada 16 September 2019.

Dalam unggahannya, akun itu menuliskan narasi, “Apa maksudnya buat majalah Tempo yang kemarin menghina simbol kenegaraan dan sekarang diganti dengan ini. Wahai kaum bani cingkrang. Ingat Allah swt, mbonten sare.”

Tim Cek Fakta Tempo melakukan penelusuran soal gambar yang menyerupai cover majalah Tempo tersebut. Lewat penelusuran didapat fakta bahwa gambar yang dipakai cover itu dibuat oleh Kin Kin, seorang pelukis cat air. Lukisan itu dipublikasikan di akun Instagram @kinkinwatercolorist pada 9 Juli 2018.

Lukisan itu pun disunting agar menyerupai cover Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019. Itu terlihat dari kesamaan font pada nama majalah “TEMPO” serta judul berita di bagian atas cover, yakni “Uang Semir Bos Petral” dan “Puisi dan Jurnalisme Amarzan Loebis”.

Cover yang diributkan

Dikutip dari situs Tempo.co, Redaktur Eksekutif Majalah Tempo, Setri Yasra, juga mengatakan bahwa sampul Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 bukan menggambarkan Presiden Joko Widodo sebagai pinokio.

“Tempo tidak pernah menghina kepala negara sebagaimana dituduhkan. Tempo tidak menggambarkan Presiden sebagai pinokio. Yang tergambar adalah bayangan pinokio,” kata Setri.

Setri menjelaskan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999, Majalah Tempo memberikan perhatian terhadap dinamika dalam masyarakat perihal revisi UU KPK.

Ia mengatakan, sampul Majalah Tempo dengan judul “Janji Tinggal Janji” itu merupakan metafora atas dinamika tersebut, yaitu tudingan sejumlah pegiat antikorupsi bahwa Presiden ingkar janji dalam penguatan KPK.

“Tempo telah memuat penjelasan Presiden dalam bentuk wawancara,” katanya.

Menurut Setri, Redaksi Tempo meyakini bahwa Jokowi memahami peran jurnalisme di dalam masyarakat dan menganggap kritik sebagai bagian penting dalam pemerintahannya.

Edisi “Janji Tinggal Janji” menyoroti terpilihnya Inspektur Jenderal Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Periode 2019-2023. Di bawah judul itu, terdapat deskripsi, “Para pegiat antikorupsi menuding Presiden ingkar janji perihal penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi. Benarkah sejak awal Jokowi mendukung ketua komisi terpilih?”

Sementara itu, di dalam edisi tersebut, ada empat tulisan laporan utama terkait isu itu, yakni yang berjudul “Hidup-Mati Komisi AntiKorupsi”, “Jenderal Polisi Sarat Kontroversi”, “Di Hati Saya Ada KPK”, dan “Saya Ingin KPK Lebih Kuat”.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
5 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com