bar-merah

Tomohon tuan rumah pelaksanaan International Training Program

TOMOHON, ZONAUTARA.com – Satu lagi event berskala internasional yang dilaksanakan di Tomohon. Yakni, International Training Program bertajuk “The Strengthening of Child Health Handbook Implementation in Collaboration with Professional Organization”.

Pembukaan kegiatan yang diikuti oleh perwakilan sejumlah negara sahabat dan juga dari beberapa daerah di Indonesia ini dilaksanakan di Hotel Villa Emitta Tomohon, Selasa (17/9/2019).

Panitia Penyelenggara International Training Program yang merupakan perwakilan dari Kementerian Kesehatan dr Ni Made Niah dalam laporannya mengatakan, International Training Program on MCH Handbook diselenggarakan setiap tahun, sejak tahun 2008, hingga tahun ini telah 11 kali menjadi tuan rumah dengan peserta dari 15 negara.

“ITP diselenggarakan atas dukungan JICA kepada Pemerintah Indonesia, yang ditunjuk menjadi tuan rumah karena telah berhasil mengintegrasikan Buku KIA ke dalam program nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

“Terima kasih kepada Kemenkes karena telah mempercayakan Kota Tomohon sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini, sekaligus tempat lokasi kunjungan lapangan bagi peserta untuk melihat dan belajar bagaimana implementasi penggunaan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di fasilitas kesehatan, yaitu di puskesmas dan Rumah Sakit, serta di posyandu,” ujar Eman.

Menurut Eman, kegiatan ini bertujuan agar peserta mendapatkan pembelajaran tentang penerapan Buku KIA di Indonesia, penerapan  di tingkat masyarakat, fasilitas kesehatan dasar dan rujukan.

Peserta juga mendapatkan pembelajaran menjalin kolaborasi dengan organisasi profesi atau stakeholder terkait Buku KIA.

“Kami berharap, kiranya dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan metode pembelajaran bersama sebagaimana untuk memperkuat pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui pemanfaatan buku KIA,” ungkapnya.

Pada Rabu (18/9/2019), para peserta ITP ini pun melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas kesehatan, yakni Puskesmas Taratara untuk melihat Poli Anak, Poli MTBS dan Poli Umum, Posyandu di Kelurahan Taratara Satu, untuk melihat Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita, serta ke RS Gunung Maria Tomohon.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com